Connect with us

Manfaat Mencampurkan Pakan Ayam Dengan Tepung Ikan

Manfaat Mencampurkan Pakan Ayam Dengan Tepung Ikan

Perawatan Ayam

Manfaat Mencampurkan Pakan Ayam Dengan Tepung Ikan

Manfaat Mencampurkan Pakan Ayam Dengan Tepung Ikan

Saat ini, banyak botoh yang menggunakan tepung ikan untuk dicampurkan ke pakan ayam aduan mereka. Hal ini diungkap oleh salah satu pakar gizi perternakan ayam di Filipina, Barturo algozini. Menurut barturo, tepung ikan sangat bergizi untuk ayam aduan. Hal ini dikarenakan terkandung banyak protein dalam tepung ikan tersebut.

Tepung ikan biasanya didapatkan dari sisaan tubuh ikan yang diolah sedemikian ( olahan dari kepala ikan hingga tulang yang tidak lagi digunakan ). Biasanya tepung ikan tersebut akan di jemur hingga kering lalu digiling atau juga di tumbuk hingga kering.

Kandungan Tepung Ikan

Tepung ikan memiliki banyak kandungan gizi yang seperti berikut, protein kasar 60%, kandungan air 2,5%, lemak 2,54%, serta kandungan abu 1,2%. Di samping memiliki muatan protein yang lumayan tinggi, tepung ikan adalah sumber mineral, contohnya muatan faktor kalsium yang lumayan tinggi yakni 80 g/kg, selanjutnya fosfor 35 g/kg dan beberapa mineral yang lain seperti magnesium, besi serta iodin. Selanjutnya tepung ikan sebagai sumber vitamin contohnya vitamin B komplek, terutamanya koline, B-12 serta riboflavin.

” Kandungan gizi pada tepung ikan akan sangat berguna untuk pertumbuhan ayam aduan maupun ternak. Protein yang tinggi serta magnesium yang akan sangat berguna untuk pembentukan otot pada ayam serta menguatkan tulangannya “. tutup barturo.

Manfaat Mencampurkan Pakan Ayam Dengan Tepung Ikan

Berbagai Manfaat Tepung Ikan Untuk Pencampuran Pakan Ayam

Dengan kandungan yang sudah kami sebut diatas, pakan ayam tentunya akan sangat bermanfaat gan. Apa saja manfaat yang didapatkan oleh ayam setelah mengonsumsi pakan campuran tersebut ? mari kita simak artikel dibawah ini.

  • Pakai ikan putih untuk memperoleh tepung ikan dengan kualitas paling baik. Ikan putih dimaksud seperti ikan patin dll.
  • Ikan putih cuma berkadar lemak di bawah 6%, serta kandungan garam seitar 4% yang paling bagus untuk ayam hias atau aduan.
  • Pemakaiaan tepung ikan cukup diberi semingu 3 – 4x saja sebab bila ayam konsumsi kebanyakan makanan dengan kandungan garam yang tinggi akan membuat bulu ayam anda rontok.
  • Yakinkan tepung ikan yang anda bikin cuma datang dari tulang, kepala atau ekor ikan tanpa kombinasi daging ikan.
  • Jangan menggunakan ikan busuk untuk membuat tepung ikan sebab muatan protein serta mutunya pastinya jelek

Namun anda harus menggunakan ikan yang aman untuk dikonsumsi, agar tidak berdampak buruk kepada ayam aduan atau ternak anda gan. DIkarenakan tidak semua jenis ikan dapat dijadikan tepung ikan untuk pencampuran pakan ayam.

baca juga : Mengobati Mata Ayam Terkena Jalu

Sebagai info, anda boleh memberikan beberapa selingan pakan seperti memberikan jangkrik, cacing tanah, jagung, beras merah dll. Tentunya dengan selingan yang anda berikan, ayam aduan tidak akan bosan untuk mengonsumsi pakan. Demikian juga artikel kami gan, semoga dapat membantu anda dalam mencari info perawatan ayam terbaru untuk ayam kesayangan anda,

More in Perawatan Ayam

Trending

To Top