Connect with us

Ssttt! Ternyata Garam Memiliki Manfaat Bagi Ayam Aduan

Ssttt! Ternyata Garam Memiliki Manfaat Bagi Ayam Aduan

Perawatan Ayam

Ssttt! Ternyata Garam Memiliki Manfaat Bagi Ayam Aduan

Ssttt! Ternyata Garam Memiliki Manfaat Bagi Ayam Aduan

Garam merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang tentunya digunakan untuk masakan sehari – hari. Pada umumnya, garam digunakan untuk menambah rasa yang khas yaitu asin pada sebuah masakan. Selain berguna untuk manusia, ternyata garam juga bermanfaat untuk unggas ternak kita loh, seperti ayam aduan, petelur, maupun ayam dwiguna.

Memilih menjadi seorang peternak maupun penghobi ayam laga, tentunya tidak semudah kelihatannya. Seorang peternak tentunya harus berkomitmen dan menjaga kualitas ternaknya. Anda tentunya harus menjaga asupan gizi dan pakan yang diberikan agar ayam tetap sehat dan berkualitas juara. Berikut ini akan kami ulas beberapa manfaat garam untuk ayam aduan kita, mari baca hingga usai artikel perawatan ayam kami.

Manfaat Garam Untuk Ayam Aduan

Ssttt! Ternyata Garam Memiliki Manfaat Bagi Ayam Aduan

Menghilangkan Toksin Dalam Tubuh Ayam

Dalam pengetahuan biologi tiap makhluk hidup benar-benar memerlukan ditoksifikasi atau pembuangan toksin. Nah toksin pada makhluk hidup ini bisa berasal dari udara, minuman dan makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu toksin pada badan harus dikeluarkan supaya skema tubuh dapat kerja dengan seharusnya. Pemberian air garam pada ayam aduan dapat menolong pengeluaran toksin serta menahan ayam terserang toksin berbahaya.

Garam Sebagai Antibiotik Alami

Untuk botoh yang hobi mengadu ayam dengan pisau, kita harus sediakan obat antibiotik setiap waktu, tetapi tahukah anda rupanya air garam bisa dibuat untuk obat antibiotik alami. Saat ayam usai diadu tentunya ayam akan mengalami cedera, baik itu cedera ringan atau cedera parah. Agar luka atau cedera itu cepat pulih karena itu harus diberi antibiotik garam.

Langkah pertama yang sangat pas sesudah ayam diadu adalah dibasuh dengan air garam untuk menghalangi kuman serta bakteri pada cedera. Walaupun ayam akan meronta karena perih, basuhkan air garam dengan perlahan agar bakteri tidak masuk dan luka cepat menutup.

Sebagai Obat Radang Serta Ngorok

Penyakit ngorok bisa terjadi dengan ayam kapan saja, namun hal ini memang wajar terjadi pada ayam. Namun bila berlangsung lama pada ayam, maka bisa menjadi sebuah gejala penyakit tertentu pada ayam aduan. Agar meredakan infeksi serta ngorok pada ayam, kita bisa memberikan larutan air garam untuk ayam aduan.

Bila dibandingkan dengan obat kimia maupun ramuan lainnya, larutan ini akan lebih mudah untuk anda yang ingin meredakan ngorok pada ayam. Berikan 2 sendok teh garam yang dilarutkan kedalam air putih, lalu berikan larutan tersebut untuk ayam satu kali setiap harinya. Atau anda bisa mencampurkan garam ke air minum ayam aduan anda.

Menjaga Kesehatan Organ Tubuh Ayam

Organ – organ tentunya harus benar – benar sehat agar ayam tidak mudah terserang penyakit maupun penyakit dalam. Pemberian garam pada ayam aduan tentunya bisa membantu anda untuk menyehatkan tubuh dari dalam. Disamping itu, garam ini memiliki zat tertentu yang dapat menghalangi perkembangan bakteri jahat dalam tubuh ayam.

Baca juga : Ketahui Manfaat Daun Binahong Untuk Ayam Bangkok

Mengurangi Tingkat Stress Pada Ayam Aduan

Ayam diserang depresi atau stres adalah permasalahan serius buat beberapa peternak, mengakibatkan mental ayam akan terusik serta berkurangnya tingkat produktifitas. Depresi pada ayam bisa dikarenakan oleh faktor-faktor seperti karena kalah bertarung, situasi kandang yang tidak nyaman, masalah binatang lain serta ada banyak lagi. Jalan keluar paling baik untuk hilangkan depresi pada ayam adalah dengan memberi air garam hingga saraf ayam bertambah relax. Lalu memberikan kenyamanan kepada ayam agar tidak bertambah tingkat stres nya dalam kandang.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan bila memberikan larutan garam untuk ayam aduan anda. Silahkan dicoba gan, semoga membantu anda ya.

More in Perawatan Ayam

Trending

To Top