Connect with us

Mengobati Mata Ayam

Mengobati Mata Ayam

Perawatan Ayam

Mengobati Mata Ayam

Mengobati Mata Ayam

Tahukah anda? bahwa mata ayam aduan merupakan salah satu bagian tubuh ayam yang sering terserang penyakit loh. Seperti terserang virus atau bakteri, terserang jalu pada saat bertarung, ataupun terinfeksi cacing. Biasanya, masalah ini timbul akibat perawatan ayam yang kurang baik oleh pemiliknya.

Bila mata ayam aduan anda terserang penyakit, sebisa mungkin anda harus cepat mengobati penyakit pada mata ayam tersebut. Dikarenakan bila mata ayam adu anda sudah bermasalah, maka tentu tidak lagi dapat bertarung seperti biasanya.

lalu bagaimana cara mengobati mata ayam tersebut? dalam artikel perawatan ayam kita akan membahasnya gan. langsung aja baca hingga usai ya!

3 Penyebab Dan Cara Pengobatan Terbaik Untuk Mata Ayam Adu

Mengobati Mata Ayam

Mata Ayam Terserang Cacing

Mata ayam yang terserang cacing akan terus mengeluarkan belek serta bengkak di sekitar matanya. Serta mata ayam tidak lagi bisa membuka matanya. Gejala awal dari infeksi cacing ini adalah terus mengeluarkan belek pada mata ayam. Anda bisa menggunakan air tetesan dari daun tembakau. berikan 2 tetes air tembakau pada bagian matanya.

Mata Ayam Terserang Jalu

Pada saat ayam berlaga, tentu semua bagian tubuh ayam akan terdapat luka. Tidak menutup kemungkinan ayam bakal mendapatkan luka pada bagian matanya. Bila ayam terkena sabetan jalu atau taji ayam pada bagian mata, otomatis mata ayam akan terganggu penglihatannya. Anda bisa menggunakan getah daun kelor sebagai bahan alami yang lebih baik. Berikan 1 tetes saja getah daun kelor ini serta menutupnya dengan plaster seperti hansaplast.

Mata Ayam Terserang Virus

Musim pancaroba merupakan salah satu musim terburuk untuk para penggemar unggas, salah satunya adalah ayam aduan. Pada musim pancaroba ayam laga pastinya sangat sensitif dengan serangan virus dan bakteri. Kandang yang kotor dan lain sebagainya dapat memicu terjadinya serangan berbagai virus kepada ayam. Bahkan di bagian mata ayam dapat terserang virus.

Gejala awal dari penyakit ini adalah mata ayam mengeluarkan air, terjadinya bengkak dan memerah pada sekitaran mata, Bila sudah terlihat gejala tersebut, segeralah pisahkan ayam dengan ayam aduan lainnya agar tidak terjadi penyebaran virus.

Mengobati Mata Ayam

Untuk mata ayam yang terserang virus maupun bakteri, anda bisa menggunakan 3 bahan berikut ini gan.

  • Menggunakan Obat Tetes Mata

Bila gejala yang timbul belum kronis, Anda dapat memakai obat tetes mata ( insto atau sejenisnya ) dengan 2-3 tetes saja 2x sehari. Insyallah, mata ayam akan kembali normal.

  • Menggunakan Obat Eye Chick

Bila memberikan obat tetes mata tidak ampuh atau tidak efek. Anda dapat menggunakan obat kimia yang sudah cukup ampuh dalam mengatasi masalah mata pada mata ayam. obat tersebut bernama eye chick yang bisa anda beli di toko ploutry terdekat.

  • Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih dikenal juga sebagai salah satu obat mujarab dalam mengatasi virus yang menyebabkan sakit mata pada ayam. untuk anda yang ingin melihat khasiat daun sirih untuk ayam, baca disini gan, Manfaat Istimewa Daun Sirih Untuk Ayam Aduan.

Anda bisa menggunakan daun sirih dengan menumbuk hingga mengeluarkan sari daunnya. Lalu sari tersebut bisa anda teteskan dibagian mata ayam. Namun harus dilakukan dengan perlahan gan, dikarenakan akan terasa perih pada mata ayam.

Nah itulah berbagai macam pengobatan untuk penyakit mata ayam. Sebenarnya masih banyak penyakit mata ayam serta cara pengobatannya. Namun akan kami bahas di artikel lain ya gan.. Terima kasih..

Continue Reading
Advertisement  http://165.22.58.88/
You may also like...

More in Perawatan Ayam

Trending

To Top