Connect with us

Info Ayam: Ayam Pelung Asli Jawa Barat

Info Ayam: Ayam Pelung Asli Jawa Barat

Info Ayam

Info Ayam: Ayam Pelung Asli Jawa Barat

Info Ayam: Ayam Pelung Asli Jawa Barat

INFOAYAM - peduliayam

Tahukah anda? Ayam pelung ialah salah satu trah ayam asli indonesia yang berasal dari wilayah Cianjur, Jawa Barat. Ayam jenis ini memiliki beberapa ciri unik, khususnya suara kokoknya yang mempunyai ciri tersendiri serta merdu didengar. Hampir serupa dengan ayam ketawa, dari beberapa penggemar yang kami temui dalam sebuah kompetisi ayam pelung di salah satu lokasi di cianjur, mereka senang pada ayam ini karena memiliki kokok yang demikian panjang serta memiliki alunan suara yang berbeda dengan kokok ayam jenis lainnya. Durasi kokok dari ayam ini bisa sampai 20 detik bahkan juga lebih lho gan.

Sejarah Ayam Pelung Cianjur

Desa Bunikasih merupakan tempat asal dari ayam pelung ini. Nama ayam pelung berasal dari bahasa sunda yang berbunyi “Mawelung” atau “Melung” yang berarti melengkung. Karena suara kokok-an ayam ini akan terdengar seperti bunyi melengkung dan ayam pelung mempunyai leher panjang dalam mengahiri kokokannya dengan suara semakin lengkung dan juga leher yang semakin melengkung kebawah.

Menurut cerita warga setempat saat tim info ayam dari peduli ayam melakukan wisata di desa tersebut. Ayam pelung diketemukan oleh seseorang petani yang bernama H. Djarkasih yang temukan ayam ini berdasar pada mimpi yang didapatkan. Sesudah membawa pulang dan memelihara ayam yang ditangkap di hutan. Penemu ayam tersebut mengawinkannya dengan ayam kampung nusantara hingga akhirnya menjadi ayam pelung.

Ciri Khas Dari Ayam Pelung Cianjur

Info Ayam: Ayam Pelung Asli Jawa Barat

Ayam pelung adalah salah satu jenis ayam yang sangat populer di tanah jawa. Hingga kini juga ayam ini sudah di kenal hingga keluar negeri loh guys. Untuk mengenali ayam jenis satu ini, tentu akan sangat mudah sekali, anda untuk menemukan sebuah perbedaan yang amat mencolok antara ayam lain dan ayam pelung.. Berikut ini info ayam tuliskan ciri khas yang terdapat pada ayam pelung tersebut, semoga dapat membantu ya gan : ).

  • Memiliki tinggi sekitar 40cm – 50cm serta berat yang sekitar 5kg atau bisa lebih.
  • Mempunyai Jengger yang lebar, gerigi, dan juga berwarna merah
  • Memiliki tubuh yang padat dan kuat.
  • Tidak memiliki pola warna yang khas, tapi nenuk kombinasi warna bulu hitam dan merah.
  • Kaki berwarna hijau, hitam, kuning, atau putih, dan lebih besar dari ayam kampung umumnya.
  • Suara kokok yang sangat panjang serta mengalun, ayam lain tidak akan bisa.

Ayam Pelung Mempunyai Kontes Tersendiri?

Di daerah Cianjur, terdapat kontes yang di peruntukkan ayam tersebut. Kontes tersebut sangatlah mirip dengan kontes kicau pada burung. Ayam pelung dikonteskan untuk menitik beratkan pada alunan suaranya. Dan sekarang ini sejumlah besar bagian sudah memperoleh penilaian dalam satu kontes : kontes suara istimewa untuk ayam jago pelung, kontes penampilan, berat badan serta untuk Pelung betina yang meliputi lomba lokal, nasional atau internasional yang telah direncanakan dengan terorganisir ditiap tahunnya.

Info Ayam: Ayam Pelung Asli Jawa Barat

Dalam kontes Ayam Pelung itu bukan hanya diselenggarakan lomba tarik suara saja gan. Lomba tersebut juga termasuk merupakan ajang bursa penjualan dari ayam pelung yang sudah siap kontes, usia 6 sampai 7 bulan ( jajangkar ), usia 3 bulan ( sangkal ), hingga masih doc ( jodoan ).

Dengan begitu lomba/kontes ayam pelung sekaligus juga membuka kesempatan untuk para penjual dan pembeli dalam bursa penjualan dan juga mempromosikan ayam pelung. Lewat bursa seperti ini beberapa konsumen, penjual serta penggemar ayam hias membagikan kesenangan sebab biasanya memperoleh bibit – bibit atau induk yang berkualitas serta memberikan tambahan pengetahuan mengenai ayam pelung yang cukup memberi kepuasan dari sesama peternak serta penggemar ayam hias.

Demikian juga artikel dengan kategori info ayam dari peduliayam.id terima kasih..

More in Info Ayam

Trending

To Top