Connect with us

Tips Perawatan Ayam Pelung Agar Tumbuh Sehat

Tips-Perawatan-Ayam-Pelung-Agar-Tumbuh-Sehat

Info Ayam Hias

Tips Perawatan Ayam Pelung Agar Tumbuh Sehat

Tips Perawatan Ayam Pelung Agar Tumbuh Sehat

INFOAYAMHIAS-PEDULIAYAM

Sebagai seorang penghobi ayam hias, tentunya anda sudah familiar dengan ayam pelung. Ayam ras unggulan yang berasal dari Indonesia, tepatnya di cianjur. Yang menjadikan ayam ini istimewa adalah suara kokokan ayam ini, suara dari kokokan bisa dibilang unik dan memiliki ciri khasnya tersendiri.

Untuk anda yang penasaran dengan sejarah dari ayam pelung ini, silahkan untuk membaca artikel kami yang berjudul : Info Ayam: Ayam Pelung Asli Jawa Barat. Dikarenakan dalam artikel ini, kita akan membagikan berbagai tips perawatan untuk ayam pelung untuk tumbuh sehat. Penasaran dengan tips perawatan nya ? Mari kita ikuti terus artikel ini.

Tips Perawatan Ayam Pelung Agar Cepat Tumbuh Dan Sehat

Suara ayam pelung dewasa di kota asalnya, sering diadakan sebuah lomba atau kontes suara pelung terbaik. Maka dari itu, banyak penggemar yang berlomba – lomba untuk merawat ayam jenis ini untuk mengikuti perlombaan yang cukup besar ini.

Terdapat banyak hanya yang perlu kita perhatikan dalam memberikan perawatan ayam pelung ini, seperti pakan hingga kebersihan kandangnya. Nah tanpa basa – basi lagi, mari kita langsung saja membahas perawatan kepada ayam pelung.

Tips-Perawatan-Ayam-Pelung-Agar-Tumbuh-Sehat

Memberi Makan Dengan Teratur Serta Tepat

Makanan memengaruhi proses perkembangan ayam pelung, hingga perlu diberi dengan teratur. Tetap isi tempat makan ayam dengan pakan ayam pelung serta jangan dibiarkan kosong. Perkembangan akan berjalan semasa 1 sampai enam bulan lamanya. Tipe makanan yang pas harus juga diambil.

Beberapa macam makanan yang tepat seperti kacang hijau, beras merah serta jagung. Tipe makanan ini mempunyai muatan kalsium serta fosfor yang manfaatnya untuk tingkatkan perkembangan. Kecuali kacang serta beras, pakan simpatisan dapat juga diberi seperti sawi, bayam, kecambah, serta kangkung. Janganlah lupa tetap siapkan minum air bersih untuk ayam.

Tipe Kandang Yang Dipakai

Kandang ialah unsur yang memengaruhi perkembangan. Tekankan kandang mempunyai ukuran yang lumayan besar untuk simpan satu ayam. Jauhi simpan satu kandang dengan beberapa ayam sebab membuat mereka tidak berubah prima. Tipe kandang yang pas dipakai ialah kandang panggung.

Kandang ini mempunyai ukuran yang besar serta tinggi, hingga proses bersihkan kandang juga bertambah gampang. Kotoran ayam akan jatuh ke tanah serta langsung dapat dibikin bersih. Anda dapat juga menyemprot kandang ayam untuk membersihkannya.

Menjemur Ayam Pada Cahaya Matahari Pagi

Bila ingin ayam pelung masih sehat, karena itu perlu dijemur di bawah cahaya matahari pagi seputar jam 7 sampai 9 pagi. Anda dapat menjemurnya di kandang atau membebaskannya di halaman. Cahaya matahari pagi akan hindari ayam dari jamur kulit karena tinggal di kandang yang lembab.

Saat akan dijemur, Anda dapat memandikan ayam dengan sedikit membasahi badan ayam pada pagi hari. Nanti bulu ayam akan kering sendiri sebab cahaya matahari serta ayam akan tumbuh sehat. Di saat cahaya matahari siang ada selekasnya alihkan ayam ke lokasi yang teduh.

Pemberian Vitamin Dengan Teratur

Vitamin perlu diberi untuk perkembangan yang menolong pembentukan tulang serta tingkatkan ketahanan badan. Mineral dan vitamin ialah dua mengonsumsi penambahan kecuali pakan yang penting dipenuhi. Manfaatnya agar sesudah dewasa kelak ayam masih sehat serta dapat berkokok yang keras.

Sedikit tips dari para peternak ayam pelung di cianjur, agar ayam pelung berkokok bisa lebih panjang dan bagus. Ayam pelung bisa diberikan pakan tambahan seperti kerang atau belut yang telah dicincang halus. Serta perhatikan kondisi kandang ayam yang harus nyaman dan mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Dengan demikian ayam akan nyaman sehingga kondisi fisiknya tidak terganggu.

More in Info Ayam Hias

Trending

To Top