Connect with us

Jenis Pakan Ayam Pelung Agar Berkokok Bagus

Jenis Pakan Ayam Pelung Agar Berkokok Bagus

Tips Ayam

Jenis Pakan Ayam Pelung Agar Berkokok Bagus

Jenis Pakan Ayam Pelung Agar Berkokok Bagus

Ayam pelung merupakan ayam istimewa yang berasal dari jawa barat. Ayam pelung memiliki suara kokok yang bisa dibilang memiliki ciri yang khusus serta merdu didengar. Banyak penggemar mengatakan bahwa ayam ini sangatlah mirip dengan ayam ketawa. Memang ayam pelung ini dapat berkokok hingga 20 detik lamanya. Untuk sejarah dan asal usul ayam pelung, anda bisa membaca nya di sini gan, Ayam Pelung Asli Jawa Barat.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas jenis pakan yang sangat direkomendasikan untuk ayam pelung agar memiliki kokok yang panjang dan merdu. Tentunya anda tidak secara instan mendapatkan kokokan ayam pelung yang merdu dan panjang tersebut. Tentunya memerlukan proses yang amat panjang untuk mendapatkan hasil yang prima untuk kokokan merdu dari ayam pelung ini.

Beberapa hal yang biasanya dilakukan oleh penggemar ayam hias pelung ini adalah menjaga pola makan ayam, asupan gizi, serta kebersihan pada sekitar dan kebersihan dalam kandangnya. Jenis pakan juga tentunya menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam berternak ayam pelung bersuara yang berkualitas tinggi.

Jenis Pakan Alami Untuk Kualitas Kokokan Ayam Pelung

Tentunya banyak pilihan pakan ayam yang dapat kita gunakan untuk diberikan kepada ayam pelung kita. Mulai dari Pakan alami hingga pakan pabrikan ( voer ). Memang, dalam pemberian pakan untuk ayam pelung tipe pakan apa tidak jadi masalah. Asalkan, dalam pemberian pakan itu terdapat nutrisi yang sesuai keperluan ayam pelung. Untuk ayam pelung sendiri akan alami perubahan pada umur satu bulan sampai enam bulan.

jadi apa saja sih pakan alami yang cocok untuk diberikan kepada ayam pelung agar kokokannya berkualtias tinggi? Mari simak terus artikel kami.

Jenis Pakan Ayam Pelung Agar Berkokok Bagus

Jagung

Jagung mempunyai muatan karbohidrat yang tinggi bila dibanding dengan beras merah serta gabah. Disamping itu, jagung memiliki kandungan kalsium yang tinggi hingga tipe pakan ini benar-benar baik pada perkembangan tulang ayam pelung. Baca manfaatnya di : 10 Manfaat Jagung Sebagai Pakan Ayam Aduan.

Gabah

Pemberian pakan ayam gabah akan jadikan badan ayam bertambah lebih mudah yang mengandung vitaminnya yang semakin komplek, muatan kalsium yang semakin tinggi dan harga yang relatif lebih murah. Baca manfaatnya di : Manfaat Gabah Untuk Ayam Adu Yang Jarang Diketahui.

Beras Merah

Pemberian pakan ayam pelung dapat juga beras merah yang mengandung nutrisi yang tinggi, disamping itu dampak dari pemberian beras merah pun tidak menghancurkan pita suara pada ayam pelung. Baca manfaat nya di : Gizi Beras Merah Yang Bermanfaat Untuk Ayam Aduan.

Kacang Hijau

Pakan yang bisa diberi untuk ayam pelung yakni kacang hijau. Kacang hijua mempunyai muatan kalsium serta fosfor yang lumayan besar serta bisa menolong perkembangan dan bisa menguatkan tulang ayam pelung. Kacang hijau benar-benar aman untuk dikonsumsi serta benar-benar berguna buat kesehatan jantung ayam.

Tentunya anda harus memberikan ayam pelung untuk latihan yang bisa diberikan secara bertahap. Agar maksimal, anda bisa selang seling dalam memberikan pakan alami tersebut agar ayam tidak bosan dan tetap lahap untuk asupan bergizi tersebut. Demikian tips ayam ini, semoga dapat membantu anda dalam memberikan asupan gizi yang tepat untuk tumbuh berkualitas si kecil yaitu ayam pelung kesayangan hehe : )

More in Tips Ayam

Trending

To Top