Connect with us

Manfaat Belut Untuk Ayam Jago

Manfaat Belut Untuk Ayam Jago

Perawatan Ayam

Manfaat Belut Untuk Ayam Jago

Monopterus albus atau belut memang sudah disadari menjadi makanan yang banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan. Belut sawah adalah jenis belut yang seringkali kita jumpai serta termasuk juga yang banyak dikonsumsi. Termasuk pada ayam jago kita.

Di bawah ini kita akan membahas sedikit tentang manfaat belut yang sangat berguna untuk para penggemar ayam adu dalam memperkuat tubuh ayamnya.. Mari di baca gan..

Beberapa Manfaat Pada Belut Yang Berguna Untuk Ayam Laga

Di bawah ini kami akan membahas beberapa zat yang terdapat dalam belut yang begitu berguna untuk ayam laga kita.

  • Protein
    Kandungan protein yang berada di daging belut lebih tinggi dari telur dan sama juga dengan kandungan protein daging sapi yakni seputar 18,4g/100 gr. Begitu juga dengan nilai cerna proteinnya yang tinggi sekali sampai demikian cocok untuk buat jadi sumber protein untuk ayam aduan bangkok kita.
  • Fosfor
    Daging belut tenyata demikian kaya dengan fosfor dan nilainya bisa 2x lipat dibandingkan kandungan fosfor pada telur. Tanpa ada fosfor, kalsium tidak dapat naikkan massa tulang.
  • Zat Besi
    Belut sangat kaya zat besi di mana terdapat 22mg/100gram. Kandungan itu tambah tinggi dibanding dengan zat besi pada telur dan daging. Zat besi bertindak mempelancar peredaran darah yang diikuti dengan membuat badan ayam aduan jadi merah serta memberi daya pada otot.
  • Lemak
    Lemak yang terdapat pada belut termasuk juga tinggi hingga begitu berguna untuk perkembangan anak ayam Bangkok, tetapi tidaklah terlalu baik utuk ayam dewasa. Agar bisa menangani hal itu belut dapat diberikan lewat cara dipanggang atau dibakar yang berguna untuk kurangi jumlahnya lemak yang terdapat dalam belut.
  • Arginin
    Belut memiliki kandungan zat arigin atau asam amino non mendasar yang bisa memengaruhi hormon perkembangan manusia atau human growth hormone ( HGH ). HGH juga disebut bisa membantu kesehatan pada otot serta kurangi berlangsungnya penimbunan lemak pada tubuh ayam aduan.
  • Berbagai Vitamin
    Belut pula diperkaya beberapa macam vitamin seperti vitamin A dan vitamin B. Tentang kandungan vitamin A termasuk tinggi yakni 1.600SI / 100gr sampai demikian baik untuk pemeliharaan sel epitel. Sedang vitamin B kaya akan dan bermanfaat untuk kofaktor dari satu enzim itu dalam bertindak normal di dalam metabolisme tubuh.

Manfaat Belut Untuk Ayam Jago

Langkah Tepat Memberikan Belut Pada Ayam Adu

Manfaat yang terdapat belut begitu bermanfaat untuk tubuh ayam laga. Terdapat juga langkah yang tepat dalam memberi daging belut untuk ayam aduan, seperti sebagai berikut ini :

  1. Pemberian utuh, Daging belut demikian bagus untuk ayam aduan mengingat kandungan proteinnya yang tinggi. Biasanya dikasihkan dalam kondisi utuh, kecuali bagian kepalanya saja yang perlu dibuang.
  2. Pemberian belut yang di rekomendasikan yaitu sebesar 1/2 jari kelingking, dengan panjang sekitaran 6 cm, langsung kita berikan kepada ayam, ini bisa berguna untuk melatih leher ayam yang sudah berumur sekitar 3-5 bulan.
  3. Dalam satu minggu berikanlah belut sebanyak 3x. Jika ayam adu sudah menginjak usia 7 bulan lebih, panjang belut dapat dinaikkan. Tetapi, untuk penyajian paling bagus dengan dipanggang terlebih dahulu. dikarenakan bila di panggang, jumlah lemak pada tubuh belut pastinya berkurang.

Baca juga artikel : Manfaat Gabah Untuk Ayam Adu Yang Jarang Diketahui

Itulah lebih kurangnya manfaat pada tubuh ayam bila anda memberikan belut.. Terima kasih sudah membaca artikel ini.. Apakah menurut kamu artikel ini berguna? bila iya mari kita sebar dan comment artikel ini. Terima kasih

More in Perawatan Ayam

Trending

To Top