Connect with us

Tips Tepat Mempercepat Masa Mabung Pada Ayam Laga

Perawatan Ayam

Tips Tepat Mempercepat Masa Mabung Pada Ayam Laga

Yang disebut dari mabung ( ngurak ) pada ayam laga ialah waktu di mana bulu ayam bertukar bulu. Umumnya bulu ayam akan rontok dengan sendirinya, ini mungkin dapat berlangsung karena umur bulu yang sudah tua. Hingga akar bulu tidak lagi melekat dengan maksimal, sehingga memunculkan kerontokan pada bulu ayam .

Ayam laga yang mabung memang merupakan suatu perihal yang tidak dapat kita hindari. Sudah jadi perihal yang berlangsung pada ayam tiap tahunnya. Ayam yang mengalami mabung atau ngurak dapat berlangsung saat 3 sampai 6 bulan bergantung dari perawatan pemilik ayam.

Tentunya untuk beberapa senior botoh ayam sudah tahu akan perihal itu. Tentunya telah memiliki langkah tertentu untuk menjaga ayam yang tengah mabung itu. Tetapi untuk newbie atau baru di dunia perawatan ayam tentunya masih abuh dalam hal ini. Oleh karena itu, peduliayam akan memberi sebuah tips yang mungkin bermanfaat buat anda yang sebagai pengagum sabung ayam yang masih baru di dunia perawatan ayam. Di bawah ini kami siapkan beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam menghadapi ayam mabung.

Tips Tepat Mempercepat Masa Mabung Pada Ayam Laga

Panduan Mempercepat Masa Serta Tips Merawat Ayam Laga Mabung

  • Mandikan ayam saat pagi hari setiap harinya dengan menggunakan air beras yang dikombinasi bawang merah 1 biji atau 2 biji yang berguna untuk memperkuat bulu ayam yang baru tumbuh.
  • Dalam masa ngurak, ayam seharusnya mendapatkan pakan yang berprotein cukup, jadi anda bisa memberikan ayam dengan pakan ayam petelur. Jangan sampai memberikan ayam dengan pakan yang biasanya sebab kandungan kalori serta protein yang begitu berlebihan. Ini jelas untuk menjauhi berlangsungnya kegemukan pada ayam, yang akan berakibatkan penumpukan lemak pada tulang dada dan akan menggangu stamina pada ayam aduan.
  • Bila anda sering memberikan minyak ikan pada ayam aduan, pada waktu ayam laga dalam masa mabung ( ngurak ) ayam hanya memerlukan minyak ikan yang secukupnya saja. Sebab dalam sehelai bulu ayam aduan ada kandungan protein seputar 85%, serat kasar 1,5%, lemak 2,5%, kalsium 0,2% pula phosphorus 0,75%. Bila dilihat dari susunan yang ada dalam sehelai bulu ayam, jadi ayam tidak memerlukan umumnya mengkonsumsi minyak ikan. Justru ayam lebih membutuhkan vitamin, protein serta mineral yang cukup.
  • Jangan pernah mengabar ayam secara intensif, ayam cukup diumbar setiap 3 hari sekali saja untuk mengepakkan sayap dan melemaskan otot – otot yang kaku. Pemegangan ayam juga harus berhati – hati, ini juga bakal terasa menyakitkan untuk tubuh ayam sebab bulu yang baru tumbuh atau bulu muda.
  • Pisahkanlah ayam yang mabung dari kandang yang berbeda dari ayam betina sebab bulu ayam aduan mabung mempunyai kandungan phosphorus yang tinggi, yang merupakan salah satu makanan yang begitu disukai serta jadi makanan yang lezat untuk ayam lainnya.
  • Sewaktu dalam priode pergantian bulu pada ayam aduan biasanya akan memakan waktu sekian waktu, jangan sampai lupa untuk memperhatikan kandang ayam, jangan pernah letakkan ayam pada kandang yang mempunyai sudut tajam sudat yang cukup tajam, sebab dapat menggangu perubahan bulu serta dapat menyebabkan rusaknya bulu muda yang baru saja bertumbuh. Serta lihat kebersihan pada kandang ayam serta biarkanlah kandang ayam masih tetap lembab serta jauhi dari sinar matahari lewat cara langsung ini ditangani untuk percepat proses penumbuhan bulu pada ayam aduan.

Baca juga : Tips Tepat Merawat Ayam Bangkok Yang Baru Menetas

Nah itulah beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam merawat ayam yang sedang mabung serta mempercepat masa ayam mabung, biar bisa lagi di bawa ke arena sabung ayam.

More in Perawatan Ayam

Trending

To Top