Connect with us

Seputar Penyebab Ayam Kanibal Serta Cara Mengantisipasinya

Seputar Penyebab Ayam Kanibal Serta Cara Mengantisipasinya

Perawatan Ayam

Seputar Penyebab Ayam Kanibal Serta Cara Mengantisipasinya

Dalam pelihara ayam aduan yang lebih dari satu kita tentu dibikin pusing karena adanya perilaku ayam yang usil. Yaitu ayam suka berkelahi atau saling mematuk yang lebih didapati dengan nama “ KANIBAL ”.

Ciri-ciri kanibal yang berjalan pada ayam aduan jika tidak sesegera ditangani atau kita jauhi pasti mengakibatkan kerugian, karena ayam banyak yang cidera atau bahkan mati.

Jadi anda yang pemilik ayam, mesti secepat-cepatnya menangani dan menimalisir terdapatnya karakter kanibal itu pada ayam aduan anda. Tetapi sebelum anda ambil langkah, alangkah lebih baiknya anda tahu terlebih dulu unsur pemicu ayam jadi kanibal.

Mengapa demikian ? sebab akan mempermudah anda untuk lakukan mengantisipasi dan menangani perihal itu.

Seputar Penyebab Ayam Kanibal Serta Cara Mengantisipasinya

Berbagai Pemicu Ayam Menjadi Kanibal

Ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan ayam jadi kanibal, dan umumnya adalah karena ciri-ciri alami serta kesalahan manajemen pemeliharaan, seperti berikut ini:

Sifat Alami ( Segi genetik )

Sifat kanibal bisa saja berjalan hampir pada semua type ayam, baik itu ayam kampung, ayam aduan ras, atau ayam petelur/boiler. Yang dimaksud ciri-ciri alami, atau unsur genetik alami dari ayam itu, seperti suka mematuk dan berkelahi.

Ayam Mengalami Stress

Pemicu yang lain yang buat jadi ayam kanibal adalah ayam alami stress, ayam yang stress bisa saja menyerang dan mematuk kawannya sendiri.

Diluar itu untuk penyebab ayam stress itu banyak sekali diantaranya adalah: perubahan cuaca yang ekstrim, suhu kandang yang panas, perubahan ransum dengan tidak diduga, dan yang lain.

Baca juga artikel kami yang berjudul : Tips Tepat Mempercepat Masa Mabung Pada Ayam Laga

Kandungan Nutrisi Pakan Tidak Tercukupi

Ayam yang kekurangan batu-batuan ( grit ), kekurangan mineral ( NaCI dan Kalsium ) serta kandungan nutrisi yang lainnya dapat mengakibatkan timbulnya ciri-ciri kanibalisme.

Misalnya: pada ayam petelur, terkadang ayam suka mematuk telurnya sendiri untuk untuk tingkatkan kekurangan kalsium, atau pada ayam boiler yang suka pada mematuk bulu, pial, atau jari-jari kaki ayam yang lainnya.

Memiliki Penyakit Parasit Pada Tubuh Ayam

Penyakit parasit yang dapat mengakibatkan berlangsungnya kanibalisme adalah penyakit parasit luar yaitu: kutu, caplak, tungau, dan pinjal. Karena ayam akan mematuki badan sendiri di mana ia terasa gatal, bahkan juga dapat sampai luka dan berdarah.

Penerangan Yang Terlalu Berlebih Pada Kandang

Pemberian lampu penerangan pada kandang yang demikian berlebihan dapat menyebabkan ayam kanibal, ditambahkan pada saat malam hari. Yang seharusnya waktunya ayam beristirahat, tetapi karena kondisi kandang yang pasti, sampai membuat ayam masih tetap aktif dan bisa jadi menyerang ayam yang lainnya.

Warna Ayam Yang Terlalu Mencolok

Warna pada bulu ayam yang begitu mencolok bisa merangsang ayam untuk menyerang badan ayam itu. Dan warna yang sangat disenangi oleh ayam ialah warna merah jelas atau kuning. Umumnya ada pada anggota badan di jengger, jari, dan anggota badan yang lain.

Itu faktor-faktor yang bisa menyebabkan munculnya karakter kanibal pada ayam aduan. Sesudah tahu faktor-faktor pemicu ayam jadi kanibalisme keduanya dalam kandang. Berikut ini kami sebagai peduliayam akan memberikan anda beberapa panduan yang bisa mencegah ayam menjadi kanibal. Yuks di perhatikan!

Panduan Mencegah Ayam Jadi Kanibalisme

Panduan atau langkah yang akan admin ulas berikut ini, dapat anda coba kerjakan buat anda yang ingin lakukan mencegah karakter kanibalisme pada ayam aduan anda. tersebut uraiannya :

  • Memerhatikan kepadatan kandang ayam
    Umumnya pengagum ayam aduan akan memberi kandang umbaran pribadi pada ayam bangkoknya. Sebab jika ayam masuk pada suatu kandang yang ramai, pasti menaikan suhu pada kandang. Hingga selanjutnya ayam akan sama-sama bertanding untuk merebutkan tempat yang nyaman. Buat anda yang menjadi peternak, jadi coba untuk kurangi kepadatan dalam kandang ayam untuk menahan ayam ternak muncul karakter kanibalnya.
  • Kebersihan kandang ayam
    Supaya kandang lebih steril serta terlepas dari beberapa virus dan bakteri yang bisa membuat kerugian dalam kesehatan ayam aduan. Oleh karena itu, anda mesti lakukan sanitasi kandang dengna bersihkan ruang seputar kandang dan tempat minum serta pakannya.
  • Jauhkan kandang dari tempat yang bising
    Kerusuhan di seputar kandang serta nada bising yang terus menerus dapat mengakibatkan ayam stress dan muncul karakter kanibal. Jadi penempatan tempat kandang juga harus anda lihat dan seharusnya bikinlah kandang jauh dari sumber kebisingan.
  • Tetap memberi perhatian khusus
    Karakter kanibal pada ayam aduan umumnya berlangsung saat ayam di umur 25-50 hari. Di mana anakkan ayam aduan senang berkelahi serta kejar – kejaran, dan sama-sama mematuk. Jadi pada umur itu sangat rawan buat ayam jadi kanibal. Oleh karena itu, selekasnya pisahkan ke-2 ayam pada kandang yang berlainan.

Seputar Penyebab Ayam Kanibal Serta Cara Mengantisipasinya

Langkah Mengatasi Ayam Aduan Kanibal Dan Korban Kanibal

  1. Sesegera pisahkan ayam yang terluka agar tidak beralih akut atau bahkan mati karena jadi bulan-bulanan ayam yang lain.
  2. Pisahkan pula ayam yang begitu agresif agar tidak ada korban kanibal kembali yang lainnya.
  3. Sesegera obati ayam yang terluka dan jangan sampai lupa berikan vitamin agar ayam tidak stress.
  4. Pisahkan ayam dalam tempat lainnya sampai lukanya benar-benar kering serta pulih keseluruhan.
  5. Pantau kondisi ayam dalam kandang agar jika berjalan kanibalisme dapat sesegera anda tangani.

More in Perawatan Ayam

Trending

To Top