Connect with us

Obat Herbal Mengatasi Gangguan Pernapasan Untuk Ayam Laga

Obat-Herbal-Mengatasi-Gangguan-Pernapasan-Untuk-Ayam

Penyakit Dan Pengobatan

Obat Herbal Mengatasi Gangguan Pernapasan Untuk Ayam Laga

Obat Herbal Mengatasi Gangguan Pernapasan Untuk Ayam Laga

Obat herbal atau ramuan herbal alami memang sudah dikenal sebagai salah satu obat yang ampuh dalam mengobati segala penyakit. Obat atau ramuan alami ini sebagai pengobatan yang banyak digunakan oleh para botoh dalam menangani berbagai jenis penyakit unggasnya. Walaupun belum tentu terbukti secara ilmiah.

Dengan mencampurkan beberapa bahan alami yang tepat. Metabolisme tubuh ayam melalui pemberian ramuan herbal secara tidak langsung akan meningkatkan performa ayam laga melalui zat bioaktif yang dikandungnya. Dengan begitu, ayam laga bakal menjadi lebih sehat karena memiliki daya tahan tubuh yang kuat dalam mengahadapi iklim yang rawan.

Sistem Pernapasan Ayam Aduan

Obat Herbal Mengatasi Gangguan Pernapasan Untuk Ayam Laga

Sistem pernapasan ayam aduan tentunya berbeda dengan hewan mamalia lainnya dikarenakan ayam memiliki kantung udara. Sesuai dengan yang kami rangkum, sistem pernapasan ayam terdiri dari hidung, sinus, laring, trakea, bronkus, paru – paru, serta kantung udara. Laring serta trakea pada ayam tersusun atas otot dan tulang rawan. Pada permukaan dalam ( epitel ) terdapat alat pertahanan terhadap benda asing yang dikenal dengan silia.

Dengan adanya bulu getar ( silia ) pada permukaan rongga hidung ayam, maka segala benda asing berupa partikel kecil dapat terfilter. Namun tidak semua partikel dapat tersaring oleh silia, partikel dengan ukuran 3,7 – 7,0 saja yang tertahan dalam silia. Sehingga bila terdapat partikel yang lebih kecil dari itu, maka otomatis akan tertahan di sepanjang saluran pernapasan hingga paru – paru ayam.

Tapi bila mikro organisme tersebut lolos dari filter silia, maka akan langsung berhadapan kepada lendir yang dihasilkan oleh sel tidak bersilia yang melapisi diseluruh permukaan saluran pernapasan ayam. Lendir ini bekerja sebagai pengencer partikel sehingga partikel tersebut akan dikeluarkan dengan refleks bersin atau batuk.

Maka dari itu, daya tahan tubuh ayam bila menurun, partikel bakteri bakal dengan mudah masuk kedalam tubuh ayam. BIla sudah terjadi, maka tubuh ayam bakal memberikan reaksi sakit bahkan terburuknya adalah mati.

Gejala Penyakit Sistem Pernapasan Ayam

Salah satu gejala penyakit sistem pernapasan yang diperlihatkan oleh tubuh ayam adalah ngorok. Penyakit ngorok ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti agen infeksius maupun non infeksius, seperti udara yang berdebu, amonia, perubahan cuaca, dll. Penyakit ngorok menjadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya untuk ayam aduan. Bila terlambat mendapatkan pengobatan yang intens, ayam dapat mati dan penyakit ini termasuk dalam golongan menyebar.

Pemberian obat mukolitik serta antiradang secara alami ( herbal ) bisa dibilang menjadi hal yang sangat direkomendasikan dalam mengobati gangguan pernapasan ayam. Pengobatan ini memang sudah disarankan dari pihak World Health Organization ( WHO ) dengan konsep back to nature yang obat alami atau herbal. Berikut ini kami sajikan kepada anda pengobatan terhadap ayam yang terganggu sistem pernapasannya.

Pengobatan Penyakit Sistem Pernapasan Pada Ayam Aduan

Obat-Herbal-Mengatasi-Gangguan-Pernapasan-Untuk-Ayam

Terdapat berbagai jenis pengobatan terhadap sistem pernapasan pada ayam aduan. Dari obat herbal, jamu hingga obat yang diproduksi pabrik. Kami bakal membandingkan obat herbal dan jamu dalam sesi pengobatan kali ini gan. Mari ikuti terus artikel kami ya : )

Pengunaan obat herbal akan jauh lebih efisien serta lebih hemat dikantong gan. Berbeda dengan menggunakan pengobatan jamu, kita tentunya paham dengan obat tradisional atau jamu memang banyak digunakan oleh botoh dalam menjaga kesehatan tubuh ayam. Namun tahukah anda bahwa obat herbal berstandar dan fitofarmaka yang diperuntukan unggas memiliki kelebihan tersendiri.

Obat herbal biasanya diproduksi dengan menggunakan bahan baku berupa ekstrak tanaman yang bermanfaat. Maka dari itu sebagai konsumen, kita akan jauh lebih hemat menggunakan obat herbal dibandingkan dengan jamu ramuan. Dikarenakan bila menggunakan ramuan jamu untuk ayam, anda sebagai peternak maupun botoh harus mengolah tanaman herbal tersebut terlebih dahulu hingga berbentuk ekstraknya. Tentunya hal ini akan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit bukan? Apalagi jamu yang anda racik akan digunakan berulang kali secara rutin.

Maka dari itu, kami merekomendasikan kepada anda obat herbal yang bernama ” Respitoran ” ( bukan promo ya gan ) . Obat ini merupakan obat cair yang berfungsi untuk mengatasi gangguan pernapasan ayam aduan yang sudah teruji aman dan ampuh. Bila anda lebih nyaman menggunakan jamu yang diracik sendiri, maka itu semua kembali kepada anda.

Nah itulah ulasan peduliayam.id kali ini untuk pengobatan pernapasan pada ayam aduan anda, terima kasih.

More in Penyakit Dan Pengobatan

Trending

To Top