Connect with us

Tips Perawatan Ayam Aduan Pada Musim Hujan

Tips Perawatan Ayam Aduan Pada Musim Hujan

Perawatan Ayam

Tips Perawatan Ayam Aduan Pada Musim Hujan

Tips Perawatan Ayam Aduan Pada Musim Hujan

Tahukah anda, bahwa pada saat musim hujan, kita harus memberikan perawatan ayam khusus, dikarenakan rentan terserang berbagai penyakit. Biasanya penyakit – penyakit yang timbul diakibatkan oleh bakteri serta berbagai jenis virus. Tentunya dengan faktor cuaca yang mendukung, virus gampang menyebar di sekitaran kandang ayam aduan yang membuat ayam laga kita tidak nyaman atau rentan penyakit.

Tentunya anda harus memberikan perawatan kepada ayam yang extra agar dapat mencegah ayam kesayangan kita terserang penyakit. Nah di dalam artikel peduli ayam kali ini, kita bakal membahas, bagaimana sih langkah tepat perawatan yang diperlukan oleh ayam aduan kita?. Yuk mari kita baca bersama.

Perawatan Terbaik Untuk Ayam Pada Musim Hujan

Terdapat 8 bagian dalam merawat ayam yang perlu anda jalani agar ayam sehat selalu serta menjaga daya tahan tubuh ayam. Berikut ini kami ulas dengan lengkap perawatan tersebut ya..

Tips Perawatan Ayam Aduan Pada Musim Hujan

Memandikan Ayam

Biasanya anda memandikan ayam setiap hari pada musim kemarau, namun sebaliknya pada musim hujan. Sebaiknya anda memandikan ayam aduan anda 3 hari sekali pada saat musim hujan agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Bila anda memandikan ayam pada saat musim hujan, maka persentase ayam mengalami flu akan besar. Tentunya bila ayam anda sudah mengalami flu, maka otomatis daya tahan tubuhnya akan menurun.

Menjemur Ayam Aduan

Menjemur ayam merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Menjemur ayam tentunya akan membantu ayam untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga stamina ayam. Tentunya anda bakal kesulitan pada saat musim hujan ini dalam menjemur ayam aduan. Maka anda harus pandai mengatur waktu agar ayam mendapatkan matahari di waktu yang tepat.

Memberikan Kerodong Pada Kandang Ayam

Kerodong merupakan penutup yang biasanya dibuat dari kain yang banyak kita temukan digunakan kepada kandang burung. Anda bisa menggunakan kerodong ini untuk mencegah ayam agar tetap hangat. Serta kerodong ini dapat membantu agar ayam nyaman dari gangguan serangga ataupun nyamuk.

Pakan Serta Air Minum

Ini merupakan hal yang paling penting di musim hujan untuk ayam aduan. Ayam aduan anda harus mendapatkan pakan penambah yang dapat menghangatkan tubuhnya.  Anda bisa memberikan pakan campuran antara ketan hitam yang ditumbuk halus dengan sedikit biji merica yang dicampurkan dengan pakan utamanya. Dengan pakan campuran tersebut, maka bisa dipastikan ayam anda akan tetap terjaga staminanya.

Vitamin Yang Mencukupi

Saat musim hujan atau musim pancaroba untuk ayam aduan, maka anda harus ekstra hati – hati untuk kesehatan ayam aduan. Dikarenakan dimusim hujan ini, banyak ayam yang bakal terserang penyakit musiman yang tentunya akan membahayakan ayam kita. Tentunya anda memerlukan vitamin yang membantu menahan daya tubuh ayam aduan dalam melawan berbagai jenis penyakit.

Berikan Jamu

Agar aman, anda harus membantu kinerja vitamin dengan memberikan ayam jamu yang sudah pernah kami ulas di beberapa artikel kami. Ramuan tradisional akan sangat membantu ayam dalam menghadapi musim hujan yang memang meresahkan para penggemar ayam aduan.

baca juga : Resep Jamu Ayam Aduan Khasiat Dari Om Bram

Kebersihan Kandang Ayam

Kebersihan dikandang dan sekitarannya memang menjadi salah satu poin yang perlu anda perhatikan. Baik dimusim kemarau maupun hujan, kebersihan kandang ini perlu anda jaga semaksimal mungkin. Jagalah tingkat kelembapan udara dalam kandang, jika kelembapan udara tinggi didalam kandang. Maka tentunya bakteri atau virus ini akan lebih cepat berkembang biak, maka dari itu jangan lupa untuk membersihkan kandang ayam setiap harinya gan.

Penempatan Ayam

Saat musim hujan, baiknya anda memberikan tempat hangat untuk ayam kesayangan anda. Biasanya penempatan tersebut berada di dalam rumah maupun tempat tertutup, agar ayam tidak kedinginan bila sedang hujan.

Nah itu lah beberapa tips perawatan ayam yang perlu anda ikuti agar ayam anda sehat selalu dimusim pancaroba atau musim hujan. Tunggu artikel peduliayam yang lainnya agar tidak ketinggalan informasi tentang ayam aduan.. Terima kasih

More in Perawatan Ayam

Trending

To Top