Connect with us

Meracik Sendiri Pakan Ayam Bangkok Sesuai Usia Ayam

Perawatan Ayam

Meracik Sendiri Pakan Ayam Bangkok Sesuai Usia Ayam

Meracik Sendiri Pakan Ayam Bangkok Sesuai Usia Ayam

Membuat racikan pakan ayam bangkok berprotein tinggi penting agar pengeluaran ongkos pakan tambah irit. Jika anda beternak ayam bangkok dengan rasio yang besar karena itu anda harus pintar mendesak ongkos pengeluaran pakan tanpa ada kurangi konsumsi nutrisi yang diperlukan ayam adu.

Jadi seseorang peternak kita harus tahu apa makanan yang diperlukan ayam. Pakan racikan ialah pakan yang dibikin dengan gabungan dari beberapa pakan jadi pilihan pakan alternatif. Umumnya dalam pengetahuan peternakan racikan pakan disebutkan dengan ransum.

Beberapa bahan yang dapat kita gunakan jadi bahan meracik pakan salah satunya adalah voer / konsentrat , jagung, dedak, gabah dan beberapa pakan fermentasi ayam bangkok yang lainnya. Nah bila sudah mengetahui beberapa bahan yang diperlukan dalam membuat sendiri pakan ayam. Maka dibawah ini adalah racikan dari peduliayam yang bisa anda ikuti sesuai dengan umur ayam.

Langkah Membuat Racikan Pakan Sesuai Umur Ayam Bangkok

Meracik Sendiri Pakan Ayam Bangkok Sesuai Usia Ayam

Racikan Pakan Ayam Bangkok Aduan Di Usia 0-3 Bulan

Pada tahap usia ayam yang masih belia ini, ayam akan lebih memerlukan banyak perhatian dari anda. Pasalnya anak ayam yang baru menetas sangat beresiko besar terserang penyakit dan mudah mati.

Baca juga : Pakan Anak Ayam Aduan Rekomendasi Peduli Ayam

Selain itu perubahan anak ayam waktu berusia di bawah tiga bulan akan punyai dampak pada saat pergantian selanjutnya.

Jadi karena tahap ini betul-betul rawan sekali karenanya peternak perlu memberikan makanan yang sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan anak ayam.

  • Mengkombinasi Pakan Dari Kosentrat Dengan Nasi

Biasanya makanan yang cocok untuk anak ayam yang baru menetas ialah konsentrat (Voer). Tapi bila kita hanya memberi voer saja pada anak ayam tentu menguras banyak biaya.

Penghematan pakan ini adalah langkah terbaik yang bisa kita terapkan sebab tingginya harga voer yang setiap tahun alami kenaikan.

Nasi putih satu diantara pakan yang bisa buat jadi pilihan untuk dipadukan dengan kosentrat. Nasi betul-betul kaya karbohidrat jika dicampurkan dengan konsentrat akan mengembang sampai ayam jadi cepat kenyang.

Cara membuat olahan pakan ini demikian sederhana, pertama campur nasi dengan konsentrat serta siram dengan air panas. Dengan begitu pakan akan mengembang sampai jadi lebih banyak, nah setelah dingin pakan bisa diberikan kepada anak ayam.

Resep makanan ayam yang satu ini terhitung resep rekomendasi dari botoh tua untuk menghemat pakan., jadi silahkan di coba.

  • Racikan Konsentrat Dengan Beberapa Bahan lainnya

Bukan hanya menggunakan nasi putih, anda dapat membuat olahan pakan dengan beberapa bahan. Langkah tersebut betul-betul efektif, bila anda ingin memperkaya nutrisi pada pakan ayam.

Beberapa bahan yang bisa anda campur dengan konsentrat diantaranya adalah dedak padi, jagung giling halus ( menir ), tepung ikan, dan tipe pakan lainnya.

Beberapa bahan itu harganya cukup murah gan, walau demikian jangan meremehkan khasiat dan kualitas pakan tersebut gan.

Intinya yang menjadi penentu bagus atau tidaknya hasil racikan pakan ayam bangkok adalah keseimbangan serat yang ada di pakan. Dan tentu anda juga harus pahami kandungan gizi pada bahan yang digunakan.

Baca juga : Ketahui Kesalahan Pemberian Pakan Ayam Yang Sangat Penting

Racikan Pakan Ayam Bangkok Muda Dan Induk Ayam

Meracik Sendiri Pakan Ayam Bangkok Sesuai Usia Ayam

  • Racikan Pakan Ayam Bangkok Muda dan Induk Ayam

Ayam bangkok muda atau ayam lancuran ialah ayam yang memasuki masa pertengahan dimana ayam telah berusia lebih dari empat bulan.

Idealnya makanan pokok untuk ayam aduan muda adalah jagung. Tapi supaya lebih irit kita juga bisa membuat kombinasi pakan yang seimbang dan sesuai kebutuhan.

Sekedar berbagi pengalaman, pada masa ini saya selalu menerapkan pola perawatan yang sama antara ayam muda dengan induk ayam.

  • Racikan Pakan Ayam Harian Ayam Bangkok

Secara bahasa ransum adalah makanan yang telah ditentukan porsinya bagi setiap orang. Jadi dengan membuat ransum harian anda bisa mengatur pola dan waktu pemberian pakan pada ayam bangkok.

Kebanyakan orang menerapkan ransum pakan ini untuk jenis ayam potong dan ayam petelur. Namun pada dasarnya cara ini juga bisa diterapkan kepada ayam bangkok aduan.

Jenis pakan yang cocok sebagai bahan pembuatan ransum ayam bangkok diantaranya jagung, pakan gabah, singkong, kedelai, serta anda bisa memberi sedikit tambahan konsentrat.

Baca juga : Rahasia Jenis Pakan Untuk Ayam Laga

  • Resep Membuat Pakan Paket Hemat

Selain membuat ransum pakan seperti yang dijelaskan di atas, anda juga bisa mencoba alternatif dengan memasak pakan ayam.

Mungkin cara ini terdengar aneh dan jarang dilakukan oleh para peternak ayam bangkok.,

Meracik atau membuat makanan ayam sendiri bisa jadi pilihan yang paling efektif untuk menghemat pakan ayam. Berikut ini cara membuatnya

  1. Pembuatan pakan ini menggunakan bahan utama beras dan jagung giling.
  2. Selanjutnya campurkan beras dan jagung kemudian dimasak layaknya kita memasak nasi.
  3. Nah setelah matang berikan bahan tambahan seperti tepung ikan, sayuran (kubis/sawi).
  4. Kemudian berikan pada ayam.

Pakan buatan ini tidak hanya cocok untuk ayam muda dan induk ayam saja, untuk ayam dewasa juga bisa diberikan olahan pakan ini.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Aduan Dewasa

Meracik Sendiri Pakan Ayam Bangkok Sesuai Usia Ayam

Tahap terakhir dari perawatan ayam aduan ialah ketika ayam bangkok sudah siap diadu atau telah dewasa. Pada masa ini ayam membutuhkan latihan, perawatan khusus dan pakan yang berkualitas supaya bisa menjadi ayam juara.

Memang pada kenyataannya memelihara ayam dewasa lebih menguras kantong bila dibandingkan dengan ayam muda. Selain pakan kita juga perlu memberikan suplemen, jamu, vitamin agar ayam jadi kuat.

Untuk racikan pakan ayam dewasa ini tidak bisa disamakan dengan yang sebelumnya karena masa ini adalah tahap menjadikan ayam.

Jadi pakan yang paling cocok adalah jagung dan beras merah. Jagung sangat cocok untuk ayam tipe pukul, sedangkan beras merah baik untuk ayam tipe jalu.

Kemudian berikan pakan selingan seperti buah – buahan dan juga  untuk mencukupi kebutuhan gizi ayam dengan nasi putih, gabah, sayuran, kosentrat.

Dengan pakan tersebut serta latihan yang benar ayam bangkok akan menjadi ayam aduan yang berkelas serta berharga mahal tentunya gan.

Nah ini juga menjadi akhir dari artikel meracik pakan ayam sendiri di rumah agan.. Bagaimana dengan artikel perawatan ayam dari peduliayam.id ? cukup berbobot informasinya atau biasa aja? berikan komentar anda dibawah ini gan!

More in Perawatan Ayam

Trending

To Top