Connect with us

Ketahui Kesalahan Pemberian Pakan Ayam Yang Sangat Penting

Ketahui Kesalahan Pemberian Pakan Ayam Yang Sangat Penting

Perawatan Ayam

Ketahui Kesalahan Pemberian Pakan Ayam Yang Sangat Penting

Ketahui Kesalahan Pemberian Pakan Ayam Yang Sangat Penting

Seperti yang diketahui bahwa hampir 80% dana peternakan ayam yang dikeluarkan dipakai untuk membeli pakan ayam dan dana 20% adalah biaya perawatannya. Benar-benar disayangkan bila ongkos pakan yang telah besar tersebut tidak efisien untuk tumbuh kembang sayam aduan tersebut. Maka dari sangat penting untuk para peternak atau para pembudidaya ayam aduan untuk tahu seperti apa pemberian pakan ayam yang efisien.

Tumbuh kembang ayam aduan ini benar sangat bergantung dengan bagaimana anda memberi pakannya. Pakan itu kelak akan dirubah ayam untuk menjadi energi dan kekuatan ayam, hingga tumbuh kembang ayam aduan lebih maksimal. Maka dari itu untuk anda yang sebagai peternak ayam laga, sangatlah penting untuk mengetahui kesalahan apa saja yang tidak boleh kita lakukan. Simak terus artikel perawatan ayam dari peduliayam gan!

4 Kesalahan Pemberian Pakan Ayam Aduan Yang Tidak Disadari

Ketahui Kesalahan Pemberian Pakan Ayam Yang Sangat Penting

Tidak Sesuai Dengan Kecukupan Nutrisi Ayam

Satu diantara kekeliruan pemberian pakan ayam aduan yang biasanya dilakukan peternak ialah tidak mencukupi nutrisi. Tiap ayam mempunyai keperluan nutrisinya semasing dari mulai periode anakkan hingga dewasa. Jadi peternak ayam aduan satu diantara kunci sukses dalam memberi pakan ayam ialah mengetahui nutrisi untuk ayam sesuai dengan umur ayamnya. Contohnya periode DOC atau anakkan nutrisi yang diberi berlainan dengan periode dewasa. Pengetahuan mengenai nutrisi ini benar-benar dibutuhkan karena tiap periode ayam memerlukan nutrisinya semasing yang mana berguna untuk tumbuh serta kembangnya ayam aduan tersebut maksimal.

Pemberian Pakan Yang Terlalu Banyak

Bukan sekedar nutrisi saja yang perlu diketahui oleh peternak dalam memberi pakan ayam aduan, tetapi ada banyak hal yang lain yang perlu dilihat secara baik. Satu diantara kekeliruan yang seringkali dikerjakan oleh peternak ialah memberi pakan yang kebanyakan. Pakan yang diberi kebanyakan malah akan bersisa serta hal itu tidak bagus untuk operasional dalam peternakan serta membuat ongkos pakan jadi membengkak. Pakan yang masih ada keadaannya belum pasti bagus untuk dikonsumsi ayam kembali. Oleh karenanya berikanlah pakan yang dikit namun sering gan.

Baca juga artikel : Pakan Ayam Berkualitas Untuk Ayam Jawara

Ayam Aduan Yang Tidak Dipisah

Satu diantara kekeliruan dalam memberi pakan ayam ialah tidak dipisah. Ada peternak yang mana kandang di antara jantan serta betina ada pada sebuah tempat. Mengakibatkan efisiensi dari pakan itu menyusut hingga jantanlah yang akan mengonsumsi pakan dengan banyak, sedang ayam betina tidak memperoleh cukup pakan tersebut. Umumnya ayam jantan ini lebih menguasai dalam kandang dibanding ayam betina hingga mereka akan menguasai pakan di kandang ayam.

Pola Pemberian Yang Tidak Teratur

Kekeliruan dalam memberi pakan ayam aduan yang seringkali dikerjakan oleh peternak ialah mempunyai agenda yang tidak teratur. Ayam ini tahu kapan agenda makannya. Bila memberi pakan dengan waktu yang tidak teratur mengakibatkan ayam jadi tidak nafsu makan. Memberi pakan dengan terencana ini dapat membuat ayam akan mempunyai nafsu makan yang konstan hingga hal itu akan memberikan keuntungan buat peternak maupun budidaya. Ayam yang mempunyai nafsu makan konstan mempunyai sistem imun yang lebih baik dibanding dengan yang tidak konstan.

Demikian juga artikel ini.. Semoga dapat memberikan anda sebuah informasi ya..

More in Perawatan Ayam

Trending

To Top