Connect with us

Meracik Pakan Ayam Bernutrisi, Mudah Dan Murah

Tips Ayam

Meracik Pakan Ayam Bernutrisi, Mudah Dan Murah

Meracik Pakan Ayam Bernutrisi, Mudah Dan Murah

Untuk mendapatkan ayam aduan yang berkualitas, tentunya anda harus memberikan serba plus – plus kepada ayam aduan anda. Semisalnya memberikan perawatan intensif kepada ayam anda, serta memberikan pakan bernutrisi tinggi serta berkualitas.

Pakan yang berkualitas tentunya akan dapat menunjang kesehatan serta membuat ayam lebih terjaga kualitasnya tarungnya. tentunya pakan bernutrisi tinggi menjadi sebuah kunci awal untuk anda yang ingin memperoleh ayam sehat dan juara dalam kontes apapun.

Tentunya anda tidak bisa memberikan pakan secara sembarangan kepada ayam aduan anda. Anda mesti memerhatikan muatan nutrisi yang cocok kepada tubuh ayam serta harus seimbang. Tentunya dalam market pakan ayam, terdapat beberapa merk yang sudah terjamin kualitas nutrisi yang diberikan, tapi harganya sangatlah tinggi untuk sebuah peternakan kecil. Jadi kami peduliayam, akan memberikan anda sebuah tips untuk meracik pakan ayam aduan yang mudah, murah dan bernutrisi cukup tentunya. Mari kita ulas dibawah gan..

Bahan Pakan Ayam Bernutrisi

Menurut peduliayam, anda dapat meracik sendiri pakan ayam dari bahan – bahan sisaan. Dimana untuk anda yang bertempat tinggal dekat dengan perindustrian tahu, penggilingan padi, tempe serta lainnya. Bisa menjadi sebuah keuntungan tersendiri, dikarenakan anda dapat menggunakan ampas dari pengolaan bahan tempe dll. Untuk jelasnya, mari kita ulas beberapa bahan yang diperlukan dalam mengolah sendiri pakan ayam bernutrisi tinggi.

  • Dedak 3 kg.
  • Ampas Tahu 3 kg.
  • Ampas Kelapa 3 kg.
  • Sisa Sayur Hijau 4 kg.
  • Ampas Singkong 3 kg.
  • Tepung Tapioka ½ kg.
  • Garam Halus 100 gr.
  • Air Rendaman Kapur 100cc.
  • Air Bersih 10 liter.
  • Promix Atau Viterpan2cc 2 gr.

Cara Racik Pakan Ayam Kaya Akan Nutrisi

Cara Racik Pakan Ayam Kaya Akan Nutrisi

Anda bisa meracik sendiri pakan ayam tersebut dengan menyiapkan beberapa bahan diatas dan bahan pengolaannya gan. Langkah pertamanya dengan menyiapkan sebuah baskom ( wadah besar ), yang nantinya menjadi tempat dimana semua bahan di campur. Bila sudah memasukan bahan yang sudah di persiapkan, maka campuran tersebut di aduk hingga rata.

Setelah itu masaklah adonan tersebut di tungku atau kompor hingga 30 menit. Anda harus mengaduk adonan tersebut hingga sisi bawah adonan tidak gosong. BIla campuran atau adonan tersebut sudah tidak terdapat air lagi, maka adonan tersebut bisa anda tiriskan dan diamkan hingga campuran pakan tersebut dingin.

Selanjutnya, pakan basah tersebut anda buat menjadi ukuran dengan panjang 30cm serta lebar 15cm. Lalu jemurlah adonan yang sudah anda ukur sebelumnya dibawah terik matahari. Bila sudah mengering, maka pakan tersebut anda bisa memasukannya di toples atau wadah yang kedap udara.

Pemberian Pakan Racikan Kepada Ayam Aduan

Untuk masalah pemberiannya, anda bisa mengambil satu adonan yang sudah anda simpan di wadah kedap udara. Tempatkan adonan tersebut ditempat pakan ayam serta berikan sedikit air agar pakannya sedikit encer. Berikan secara teratur pakan tersebut agar ayam mendapatkan nutrisi yang cukup.

Baca juga : Kandungan Penting Yang Harus Terdapat Pada Pakan Ayam

Nah itulah langkah meracik dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan pakan ayam bernutrisi nan murah.. Cukup membantu kah artikel ini gan? berikan komentar anda gan..

More in Tips Ayam

Trending

To Top