Connect with us

Membuat Sendiri Kandang Umbaran Ayam Aduan? Murah kok!

Membuat Kandang Umbaran Ayam Aduan? Ini Cara Mudahnya!

Tips Ayam

Membuat Sendiri Kandang Umbaran Ayam Aduan? Murah kok!

Membuat Sendiri Kandang Umbaran Ayam Aduan? Murah kok!

Kandang umbaran ayam aduan adalah satu diantara hal yang benar-benar penting dalam hal perawatan ayam, atau mendukung kesuksesan dalam budidaya ayam jago. Tanpa ada kandang yang bagus dan cocok. Ayam aduan yang telah di besarkan dengan susah payah akan gampang terkena penyakit, dicuri, atau alami permasalahan yang lain.

Dalam proses breeding, kandang tentunya akan berperan jadi tempat hidup anakkan ayam. Banyak yang rela habiskan ongkos besar dalam beli kandang ayam aduan, hal itu pasti habiskan banyak tabungan anda dalam membudidaya ayam aduan. Dalam artikel ini, peduliayam akan memberi anda sebuah cara untuk membuat kandang umbaran ayam aduan yang mudah tanpa ribet untuk direncanakan dan tentu saja akan mengirit biaya pengeluaran anda.

Membuat Kandang Umbaran Ayam Aduan? Ini Cara Mudahnya!

Sebelum kita dapat membuat kandang umbaran ayam aduan tersebut,. Berikut peralatan dan bahan yang perlu disiapkan dalam merancang pondasi hingga menjadi kandang umbaran. Seperti :

Peralatan yang anda butuhkan :

  • Golok
  • Paku
  • Gergaji
  • Palu

Bahan baku yang anda butuhkan :

  • Bambu yang masih bagus
  • Kawat Strimin
  • Engsel
  • Seng ( seng atau atap seng )

kandang Umbaran Ayam Aduan Yang Bagus Menurut Peduliayam

Biasanya kandang umbaran ayam aduan dibikin lebih luas dan agak tinggi. Tujuan utama untuk hal itu ialah supaya ayam aduan anda semakin lebih bebas berkokok dan melatih otot kaki. Umumnya ukuran cocok untuk kandang yang berisi ayam aduan umuran 1 hari sampai 3 bulan yakni P x L x T = 120 cm x 100 cm x 70 cm dengan ukuran sebesar itu kandang dapat muat ayam seputar 10 ekor sampai 3 bulanan. Sedang untuk ayam aduan yang berumur lebih dari 3 bulanan, umumnya kandang memiliki ukuran P x L x T = 100 cm x 100 cm x 80 cm.

Kandang ayam aduan nanti dapat anda buat bertingkat dengan sisi atas untuk ayam adu yang berusia satu hari sampai 3 bulan. Sedangkan untuk bagian bawahnya anda dapat menyimpan ayam yang di atas 3 bulan. Harus anda ingat jika kandang umbaran harus ditinggikan 50 – 60 cm dari tanah. Agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan seperti kebanjiran sewaktu hujan sehingga ayam tidak nyaman.

Berikut ini kami hadirkan illustrasi kandang ayam umbaran yang bisa anda gunakan sebagai ide dalam membuat kandang dengan biaya yang murah!

Membuat Kandang Umbaran Ayam Aduan? Ini Cara Mudahnya!

Membuat Kandang Umbaran Ayam Aduan? Ini Cara Mudahnya!

Nah itu lah beberapa cara membuat dan bahan yang anda perlukan dalam membuat kandang umbaran ayam aduan.. Demikian juga artikel tips ayam dari peduli ayam.. berikan komentar anda tentang artikel ini gan untuk memajukan kualitas informasi dari peduliayam.id terima kasih…

More in Tips Ayam

Trending

To Top