Connect with us

Tips Tepat Merawat Ayam Bangkok Yang Baru Menetas

Tips Tepat Merawat Ayam Bangkok Yang Baru Menetas

Perawatan Ayam

Tips Tepat Merawat Ayam Bangkok Yang Baru Menetas

Merawat ayam bangkok yang baru menetas merupakan suatu langkah awal yang juga memastikan keberhasilan dalam membudidaya ayam Bangkok. Dalam soal ini ada banyak perihal yang terpenting mesti dilihat, seperti kandang, pakan, juga memberi perawatan anak ayam supaya tumbuh dengan sehat.

Biasanya pengeraman telur induk ayam sampai anak ayam menetas kira-kira memerlukan waktu 21 sampai 24 hari. Oleh karena itu upayakanlah anda untuk tahu kapan telur akan menetas. Supaya tidak muncul perihal yang tidak dikehendaki karena ketidaktahuan anda soal penetasan tersebut.

Dalam menjaga anakkan ayam Bangkok yang barusan menetas tidak bisa di anggap remeh, ini pasti karena situasi fisik anak ayam Bangkok masih lemah serta riskan mati. Lalu anda pun mesti berhati – hati dalam memisahkan anak ayam dengan induknya, upayakan si induk ayam Bangkok tidak mengalami stres serta masih mau bertelur sesudah anaknya dipisah.

Langkah Tepat Dalam Memisahkan Anak Ayam Dari Induknya

Seperti yang kita terangkan awal, jika ingin memisahkan anakkan ayam dari induknya tidak boleh di lakukan dengan asal. Untuk mengetahui langkah yang benar, mari kita ikuti tips dibawah ini :

  • Semestinya anak ayam secepatnya dipisahkan setelah menetas dari cangkang telur. Bila sudah melewati beberapa hari, induk akan kebingungan dan merasa kehilangan anaknya sehingga induk bisa jadi stres serta akan tidak bertelur lagi selamanya.
  • Untuk induk ayam yang baru mengerami telur semestinya dimandikan yang bertujuan untuk bersihkan indukkan dengan kutu. Diluar itu, cara ini dapat juga mengurangi tingkat stres pada indukan.

Tips Tepat Merawat Ayam Bangkok Yang Baru Menetas

Langkah Membuat Kandang Anak Ayam Bangkok

Kandang untuk anak ayam Bangkok yang baru saja menetas semestinya dirancang dengan rapat serta nyaman. Biasanya botoh ayam menyebutnya dengan kandang box. Anda dapat menggunakan beberapa keeping papan serta untuk ukuran, bisa sesuai dengan banyaknya anak ayam bangkok.

Anda juga dapat menggunakan karton ( karton rokok yang tebal atau sejenisnya yang agak tebal ). Menggunakan Kardus merupakan salah satu cara yang paling sederhana dibanding dengan papan. Syarat terpenting untuk kandang box adalah kebersihannya, serta jangan lupa untuk mengupayakan tempat minum anak ayam tidak mudah tumpah.

Memberi Pencahayaan Yang Cukup Pada Ayam Yang Baru Menetas

Penerangan untuk anak ayam biasanya bisa menggunakan lampu pijar 5-10 watt. Serta penting juga untuk melihat jarak pada ayam dengan lampu. Bila terlalu dekat, maka anda bisa menggunakan lampu yang lebih kecil wattnya, agar ayam tidak terlalu kepanasan.

Pencahayaan juga merupakan salah satu yang diperlukan agar ayam bisa lebih hangat serta juga bisa mengkonsumsi makanan dan minuman waktu malam hari. Dengan cara ini ayam akan semakin cepat bertambah besar bila dibandingkan anak ayam yang hanya aktif di siang hari.

Langkah Mencegah Penyakit Pada Anak Ayam Bangkok Yang Baru Menetas

  • Memberi konsumsi vitamin yang cukup, dan memberikan asupan obat untuk menahan penyakit. Seperti obat anti snot atau bubuk tetra.
  • Memberikan asupan pakan yang memiliki nutrisi tinggi untuk anak ayam yang berbentuk pakan serta minuman.
  • Jauhkan anak ayam dari ayam yang sudah dewasa, supaya anak ayam tidak mengalami stres dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Prioritaskan kebersihan pada kandang box anak ayam.

Baca juga artikel ini Tips Dalam Merawat Ayam Aduan Bangkok Kesayangan

Pakan Untuk Anakkan Ayam Bangkok

Dalam hal merawat anak ayam, pakan merupakan salah satu keperluan yang perlu disiapkan oleh si pemilik. Dikasihkan pakan yang memiliki tekstur lunak. Seperti dedak, nasi, voor ( konsentrat ) atau anda bisa memberikan buah pepaya. Lalu keperluan minuman yang tercukupi, dan berikan asupan vitamin seperti minyak ikan serta vitamin B kompleks.

Demikian juga artikel ini, semoga penyampaian dalam artikel ini dapat membantu anda dalam merawat anak ayam bangkok yang baru saja menetas.. Terima kasih gan.. Bila ada yang kurang, mohon berikan komentar anda dibawah ini gan..

More in Perawatan Ayam

Trending

To Top