Connect with us

Mengenal Ayam Hias Onagadori Asal Jepang

Mengenal Ayam Hias Onagadori Asal Jepang

Info Ayam Hias

Mengenal Ayam Hias Onagadori Asal Jepang

Mengenal Ayam Hias Onagadori Asal Jepang

INFOAYAMHIAS-PEDULIAYAM

Ayam hias onagadori salah satu ayam yang unik serta diketahui jadi salah satunya ayam yang memiliki bulu ekor panjang. Ayam onagadori ialah ayam yang datang dari jepang serta adalah satu dari 17 jenis ayam spesies asli dari negara jepang yang dikembangbiakan di tanah air. Di indonesia, ayam onagadori jantanlah yang dapat tubuh ekornya hingga 1.5 meter.

Hingga saat ini banyak yang tertarik untuk memelihara ayam jenis ini. Sampai kaisar jepang tertarik juga untuk pelihara ayam cantik jenis ini. Kemudian, ayam onagadori jadi salah satunya jenis ayam yang memiliki julukan ayam yang terhormat diantara ayam yang lain. Hal ini sebab ayam hias Onagadori ialah ayam yang cukup unik, jadi pemerintah Jepang mengamati dan mengembangbiakkan ayam ini dan ayam Onagadori saat ini termasuk jenis unggas yang dilindungi.

Sejarah Singkat Ayam Onagadori

Sesuai info yang kami mengumpulkan dari website resmi satwa jepang. Ras onagadori pertama didapati di Wilayah Yamanounchi di Jepang pada abad ke-16. Awalannya ayam ini dibudidayakan oleh beberapa peternak di Shokoku. Bila berdasar pada narasi rakyat, dahulunya waktu kekaisaran teno ada satu orang pangeran yang memakai pakaian dengan hiasan bulu panjang ayam onagadori.

Beberapa peternak di Jepang waktu beratus-ratus tahun sudah alami banyak kesusahan dalam membuat serta melestarikan spesies unggas satu ini. Peternak menyiapkan kandang spesial dengan tempat menempati di atas tanah dimana agar ekornya tetap bersih serta dalam keadaan baik.

Lalu tidak cuma dari sana saja perubahan ayam onagadori, sekarang di Indonesia telah mulai banyak yang membudidayakan ras ayam ini. Walaupun beberapa besar adalah hasil silangan dari ayam onagadori asli, tetapi ini adalah bukti jika keberadaan ayam sudah mulai terkenal di Indonesia.

Ciri – Ciri Ayam Onagadori Hias

Mengenal Ayam Hias Onagadori Asal Jepang

Bila anda tidak pernah melihat ayam hias jenis ini, maka berikut ini ciri ayam hias yang mungkin anda perlukan sebagai referensi.

  • Mempunyai bentuk badan dan bulu yang bagus serta indah.
  • Mempunyai ekor yang demikian panjang sampai sampai 20m.
  • Mempunyai warna bulu salah satunya kuning, merah, putih, hitam serta gabungan dari beberapa warna.
  • Pejantan mempunyai berat pada 1,8 kg sampai 2 kg.
  • Betina umumnya mempunyai berat 1 kg sampai 1,3 kg.
  • Telur yang bercangkang warna coklat muda.

Perawatan Khusus Ayam Onagadori

Nah bila anda sudah meminang ayam jenis hias ini dirumah anda, perlu anda ketahui perawatan apa saja yang diperlukan dalam merawat ayam hias ini. Apa saja yang perlu kita ketahui dalam merawat ayam hias ini? berikut kami jelaskan.

Untuk melakukan perawatan pada ayam hias yang datang dari jepang ini menurut admin tidak demikian susah. Dalam pelihara serta menjaga ayam jenis ini ada hal yang perlu sekali untuk dilihat yakni memerhatikan kondisi sekitaran kandangnya.

Serta sangatlah penting untuk jaga kebersihan dan memerhatikan tingginya kandang ayam untuk jaga bulu ekor ayam ini supaya masih indah. Dan kandang dibikin cukup sempit hal itu untuk supaya ayam sedikit bergerak serta mengakibatkan kerusakan ekor ayam onagadori jantan itu. Tetapi untuk kandang ayam pun tidak bisa begitu sempit karena ayam bisa tertatih – tatih di kandangnya.

baca juga artikel tentang Ayam Hias Phoenix Asal Jerman

Pakan Ayam Onagadori

Pakan ayam yang biasa diberikan kepada ayam Onagadori berupa beras merah dan jagung namun untuk mempermudah ayam dapat juga kita beri BR atau Voer. Penetapan jenis pakan menggunakan BR atau voer memang untuk mempermudah si pemilik ayam hias jenis ayam onagadori dalam lakukan perawatannya.

Dalam perawatan, memang ayam onagadori yang termasuk unggas unik ini memiliki peluang sendiri dalam hal terserang penyakit. Tetapi dengan pemberian pakan yang teratur dengan pola perawatan ayam yang baik tentu saja tentang ini menjadi segi penting dalam memberikan support kesehatan ayam Onagadori ini.

demikian pembahasan info ayam hias kali ini, semoga dapat memberikan anda referensi. Terima kasih

More in Info Ayam Hias

Trending

To Top