Connect with us

Cara Alami Obati Penyakit Tetelo Pada Ayam Laga

Penyakit Dan Pengobatan

Cara Alami Obati Penyakit Tetelo Pada Ayam Laga

Defenisi Penyakit Tetelo Pada Ayam Aduan

Penyakit tetelo ( newcastle disease ) merupakan salah satu penyakit pada ayam aduan yang sangat beresiko setelah virus flu burung. Sampai sekarang ini banyak daerah di indonesia banyak yang belum sepenuhnya terlepas dari penyakit jenis ini. Adanya penyakit ini menghadirkan banyak kerugian yang signitifikan untuk beberapa peternak ayam, dikarenakan 80 – 100% dari ayam yang menanggung derita penyakit ini akan alami kematian. Penyakit tetelo ini bisa menyerang ayam baik itu masih tetap berumur muda ataupun dewasa. Umumnya banyak menyerang pada saat pancaroba atau musim hujan ke arah musim hujan.

Penyakit tetelo ini bisa menyebar melalui ludah, feses, minuman dan makanan. Penyebaran tetelo ini dapat lewat udara sehingga penyakit ini bisa menyebar serta menebar ke mana – mana.

Salah satu gejala yang bisa kita lihat pada ayam yang terserang penyakit tetelo adalah feses yang encer serta putih setengah bagian yang serupa dengan cat dinding yang tercecer di lantai, sebagiannya juga berwarna hijau serta tidak encer.

Ayam laga yang terserang penyakit tetelo ini juga harus mendapatkan perawatan yang lebih dari biasanya. Bila ayam sudah terserang penyakit tetelo, maka kita hanya bisa memperlambat berlangsungnya gejala-gejala tetelo yang akut/kronis, sampai tetelo yang sudah kronis seperti leher terpuntir atau kelumpuhan.

Saat ini masih belum tersedia obat medis yang dapat mengobati penyakit tetelo, banyak pemilik penangkaran yang menggunakan obat alami dalam mengobati penyakit tetelo tersebut. Apa saja pengobatan yang diberikan oleh pemilik penangkaran ayam laga tersebut? mari kita simak pembahasan di bawah ini.

Cara Alami Obati Penyakit Tetelo Pada Ayam Laga

Mengobati Penyakit Tetelo Secara Alami

  • Berdasar pada informasi dari BPP Nanggulan Yogyakarta, bila air perasan daun pepaya dicampur dengan ramuan Kunyit, Bawang Putih yang diberikan secara teratur bisa menghindarkan ayam kita dari penyakit flu Burung. Bila dapat menghindar flu Burung bisa jadi ramuan ini dapat menghindarkan penyakit tetelo, sebab ke-2 penyakit itu sejenis virusnya yaitu virus viral.
  • Pemakaian antiseptik / desinfektan alami yakni daun sirih, sebenarnya dapat mengobati 3 ekor Ayam aduan dewasa yang baru terserang penyakit tetelo, tapi belum juga sempat diaplikasikan pada Ayam aduan yang telah terserang penyakit tetelo yang kronis.
  • Kunyit Putih, Sambiloto serta Sirih Merah adalah antikanker, antiinflamasi, anti radang yang banyak dipakai untuk obat kanker. Riset IPB, Balitro, serta publikasi alat banyak tunjukkan keampuhan tanaman obat itu untuk kanker dan untuk flu burung ( juga penyakit tetelo ).
  • Obat penyakit tetelo yang begitu ampuh sudah terbukti yaitu kombinasi beberapa tanaman obat dari rimpang Kunyit Putih, daun Sirih Merah, Sambiloto, Temu Kunci. Satu diantara tanaman obat ini sebaiknya mesti ada waktu buat ramuan obat untuk penyakit tetelo.
  • 3 jenis bahan alami yang sempat dicoba yaitu Sirih Merah, Sambiloto, serta Temu Kunci demikian ampuh. Ramuan yang lain bagus juga yaitu kombinasi Kunyit Putih, Temu Kunci, Sirih hijau, daun Pepaya, serta Kunyit umum.

Baca juga artikel kami : Seputar Penyebab Ayam Kanibal Serta Cara Mengantisipasinya

Langkah Mencegah Penyakit Tetelo Pada Ayam

  1. Ayam yang terdeteksi terserang tetelo dipisahkan serta ditempatkan dalam kandang karantina supaya tidak menyebar ke unggas yang lainnya.
  2. Bersihkan kandang dengan teratur. Kandang diupayakan mendapatkan cahaya matahari yang cukuplah supaya dalam situasi kering serta tidak lembab.
  3. Pemberian vaksinisasi pada ayam musti dikerjakan agar mendapatkan kekebalan pada tubuh ayam pada serangan beberapa penyakit virus. Vaksinisai pertama bisa dikerjakan lewat cara pemberian obat lewat tetes mata pada ke-2 mata ayam. Untuk setelah itu, pemberian vaksin bisa dikerjakan lewat cara suntik di intramuskuler otot dada pada ayam.

Continue Reading
Advertisement  http://165.22.58.88/
You may also like...

More in Penyakit Dan Pengobatan

Trending

To Top