Connect with us

Basmi Penyakit Cacingan Pada Ayam Laga Dengan Buah Pinang

Penyakit Dan Pengobatan

Basmi Penyakit Cacingan Pada Ayam Laga Dengan Buah Pinang

Penyakit cacingan tentunya sangat menggangu sekali untuk kesehatan ayam Bangkok jagoan kita. Umumnya ayam yang terserang penyakit cacingan bisa menjadi kurus serta tidak bertenaga atau lemas setiap saat. Terutamanya untuk ayam muda, perkembangan ayam Bangkok itu bisa menjadi terhalang serta pada suatu masalah kronis ayam jadi “ kecentet” yang bermakna tidak dapat badan dengan normal.

Terdapat ciri – ciri yang ada pada ayam terkena penyakit cacingan seperti badan ayam terlihat pucat, lemas serta sayapnya turun seperti tengah menggunakan jubah. Serta gejala yang mucul yang akan jelas tampak dalam dua minggu semenjak berlangsungnya infeksi serta banyak dikarenakan oleh larva cacing yang masuk serta tembus sampai mengakibatkan kerusakan mukosa usus ayam aduan. Infeksi ini menyebabkan turunnya ketahanan tubuh ayam hingga ayam akan gampang terserang penyakit serta hingga mengakibatkan kematian pada ayam Bangkok itu.

Basmi Penyakit Cacingan Pada Ayam Laga Dengan Buah Pinang

Pemicu Utama Penyakit Cacingan Pada Ayam Bangkok

Penyakit cacingan umumnya gampang menyerang ayam yang seringkali dibiarkan atau bebas berkeliaran. Ayam yang berkeliaran akan terinfeksi cacing dengan menelan telurnya yang ada disekitaran penangkaran waktu ayam tengah mencari makan dengan mematuk tanah. Telur cacing akan menetas pada tubuh ayam serta tumbuh besar dalam usus ayam.

Ayam Bangkok mempunyai kekebalan tubuh lebih lemah dari ayam kampung ( ayam jawa ). Jadi ayam bangkok yang seringkali dibiarkan berkeliaran akan memiliki persentase terjangkit cacing lebih besar dibanding ayam yang di rawat secara teratur. Penyakit cacingan adalah satu diantara penyakit pada ayam Bangkok yang disebabkan oleh parasit semacam cacing gelang ( ascaradia galli ) yang mengakibatkan askariasis,.

Basmi Penyakit Cacingan Pada Ayam Laga Dengan Buah Pinang

Pengobatan Penyakit Cacingan Pada Ayam Laga

Jika anda mencari langkah untuk menangani penyakit cacingan yang tengah terkena penyakit itu. Jadi anda dapat ikuti langkah di bawah ini untuk mengobati penyakit cacingan pada ayam yang paling disayangi anda, tersebut penjelasannya:

  1. Siapkan biji pinang yang sudah kering. 1 Biji pinang dapat mengobati 2 ekor ayam.
  2. Biji buah pinang lantas dihaluskan dengan cara diparut atau dapat juga diuleg sampai hancur atau halus.
  3. Lalu campur sedikit air untuk langsung diminumkan pada ayam.

Hanya butuh waktu kurang dari 1 jam, Cacing akan keluar dengan sendirinya dengan fases (kotoran) ayam. Usahakan ayam yang sedang dirawat dimasukan kekandang dengan alas yang renggang. Ini supaya sewaktu cacing keluar tidak dikonsumsi kembali oleh ayam itu. Karena pengobatan ini ditangani dengan tradisonal karenanya resikonya yang berjalan hampir tidak ada atau dalam kata yang lain aman.

More in Penyakit Dan Pengobatan

Trending

To Top