Connect with us

Perawatan Tepat Untuk Ayam Jago Tua

Perawatan Tepat Untuk Ayam Jago Tua

Perawatan Ayam

Perawatan Tepat Untuk Ayam Jago Tua

Perawatan Tepat Untuk Ayam Jago Tua

Saat mendatangi salah satu komunitas ayam laga di medan, banyak botoh yang ternyata tidak tahu menahu bagaimana cara untuk melatih ayam yang sudah tua. Terlihat beberapa botoh belum mengerti bagaimana cara merawat ayam aduan yang sudah berumur lebih dari 5 tahun.

Ayam yang sudah tua tersebut tentunya sudah pernah melewati masa mabung. Tentunya dengan masa mabung tersebut, ayam akan lama berdiam di dalam kandang ( lebih banyak istirahat ). Bila ayam sudah melewati masa mabungnya, maka ayam akan terlihat lemas tidak bertenaga. Dalam masa mabung kita hanya bisa memberikan asupan gizi yang mencukupi dan air yang cukup. Hal ini dilakukan agar ayam mendapatkan nutrisi serta lebih cepat untuk masa mabungnya.

Ayam yang sudah tua bisa kita tandai dengan sisik kaki yang kering, lebih menonjol dan pecah – pecah. Untuk bagian mata ayam tua bisa kita tandai dengan mata yang sudah tidak tajam lagi seperti biasanya, lalu cenderung redup. Tidak selincah dahulu lagi, serta tubuh yang tidak proposional lagi.

Jadi bagaimana sih perawatan yang tepat untuk ayam laga tua agar tidak lemas terus terusan sehabis ayam mabung? Penasaran dengan perawatan ayam yang kami berikan? mari ikuti terus artikel kami.

Perawatan Rekomendasi Botohnakal Untuk Ayam Laga Tua

Perawatan Tepat Untuk Ayam Jago Tua

Sehabis mabung tentunya ayam tua akan lebih capek dan berdiam diri dalam kandang dalam waktu 2 minggu lebih. Bila sudah 2 mingguan, keluarkan ayam tua tersebut, air kan sedikit tubuh hingga bagian dubur ayam agar kembali bersih.

Bila sudah, abarkan ayam, jangan lama untuk abar nya, kurang lebih 15 menitan. Abis dari abar tersebut, anda bisa memberikan latihan berenang pada kolam yang sudah tersedia. Untuk latihan berenangnya, jangan kelamaan gan, cukup 5 menitan saja.

baca juga : Tips Tepat Mempercepat Masa Mabung Pada Ayam Laga

Bila sudah melewati latihan berenang tersebut, maka anda bisa memandikan air sekali lagi, dikarekan air dalam kolam tersebut tentunya akan kotor. Bisa saja ayam anda terserang gatal – gatal pada kulitnya. Saya sarankan anda menggunakan air sabun dan spon busa untuk mencuci ayam tersebut hingga bersih.

Nah rekomendasi kami untuk perawatan ini dilakukan secara intens hingga ayam terlihat lebih segar dan bugar kembali di pasca mabung ini.

Demikian juga artikel ini tertulis, semoga dengan adanya info ini dapat membantu anda dalam merawat ayam aduan yang sudah tua tersebut. Terima kasih wassalam..

Continue Reading
Advertisement  http://165.22.58.88/
You may also like...

More in Perawatan Ayam

Trending

To Top