Connect with us

Langkah Praktis Membuat Jamu Herbal Untuk Ayam Aduan

Langkah-Praktis-Membuat-Jamu-Herbal-Untuk-Ayam-Aduan

Perawatan Ayam

Langkah Praktis Membuat Jamu Herbal Untuk Ayam Aduan

Langkah Praktis Membuat Jamu Herbal Untuk Ayam Aduan

Dalam perawatan ayam aduan, makanan pokok ayam memanglah suatu keharusan. Namun selain dari makanan pokok tersebut, ayam aduan akan memerlukan suplement tambahan untuk mendukung kemampuan serta mempertahankan kualitasnya. Untuk suplement ayam aduan, anda bisa memberikan jamu herbal untuk ayam aduan tersebut. Kenapa harus jamu herbal? dikarenakan jamu merupakan salah satu suplement yang memiliki kandungan alami yang tentu lebih baik dari bahan kimia.

Jamu atau vitamin yang diberi dapat berbentuk jamu instant yang biasa diminum manusia atau racikan sendiri. Namun, bila Anda ingin mengolah jamu herbal sendiri untuk ayam Anda. Tentu anda harus mempersiapkan beberapa bahan yang penting disediakan salah satunya beras, kunyit, kencur, temulawak, madu, telur, tepung beras, dan sebagainya.

Dalam dunia perawatan ayam aduan, anda dapat mengikuti cara membuat jamu herbal untuk ayam kesayangan anda. Penasaran dengan ramuan jamu herbal tersebut? mari kita baca dibawah ini.

Langkah-Praktis-Membuat-Jamu-Herbal-Untuk-Ayam-Aduan

Resep Jamu Herbal Pertama

Untuk membuat resep yang pertama, anda harus mempersiapkan beberapa bahan yang diperlukan dalam meraciknya. Berikut panduannya.

Bahan – Bahan Yang diperlukan

  1. Jahe 1 kg
  2. Kunyit ½ kg
  3. Gula merah 1 kg
  4. Kopi bubuk ½ kg
  5. Daun-daun herbal penambah stamina ( jahe merah, Akar maca, atau Cabe jawa )

baca juga : Inilah Berbagai Manfaat Temu Ireng Untuk Ayam Aduan

Cara membuatnya sebagai berikut :
  • Haluskan kunyit dan jahe yang sudah dibersihkan (diblender atau diparut).
  • Campur seluruh bahan tadi dengan kopi bubuk.
  • Rebus air yang sudah dimasukkan gula merah.
  • Setelah mendidih, masukkan campuran kunyit, jahe, kopi, dan daun-daun herbal.
  • Aduk terus sampai mengental seperti dodol.
  • Angkat dan dinginkan.
  • Setelah dingin, buat adonan menjadi bulatan-bulatan kecil seukuran bukaan mulut ayam, lalu keringkan.
  • Beri jamu ini sebutir tiap hari sekali. Jamu ini bisa dikonsumsi untuk anak ayam petarung, ayam aduan bangkok rawatan, dan botohnya.

Langkah-Praktis-Membuat-Jamu-Herbal-Untuk-Ayam-Aduan

Resep Jamu Herbal Ayam Aduan Kedua

Bila anda kesulitan mencari beberapa bahan di wilayah anda, maka anda bisa mencoba mengikuti resep kedua ini. Beri air yang digabung dengan rebusan air jahe serta kunir pada ayam aduan. Pemberian air kombinasi ini dilaksanakan satu minggu 3x serta tiap hari dikasih 2 kali satu hari, sore dan pagi.

Disamping itu, disertai juga dengan pemberian pakan berbentuk singkong rebus tumbuk, biji-bijian pakan burung perkutut, serta cacing yang telah dibikin bersih kotorannya, tiap sore hari. Sesaat pada pagi harinya, ayam dikasih pakan biji-bijian saja atau pakan yang telah standard.

baca juga : Pakan Utama, Pelengkap Dan Suplemen Terbaik Untuk Ayam Laga

Resep ke-2 ini baiknya dibantu dengan pola perawatan yang tepat seperti memberikan indukan ayam agar ayam tidak depresi, tenggeran dibikin minimum satu mtr., serta kandang yang luas agar ayam bangkok petarung bebas bergerak. Selain dengan konsumsi jamu penambah stamina, tentu saja ayam harus dilatih dengan cara benar dan baik untuk memperoleh stamina yang kuat.

Nah itulah dua resep jamu herbal yang mungkin dapat membantu anda dalam merawat ayam aduan kesayangan anda. Demikian juga artikel peduliayam kali ini..

More in Perawatan Ayam

Trending

To Top