Connect with us

Mengenal Dekat Ayam White Face ( Badut )

Mengenal Dekat Ayam White Face ( Badut )

Info Ayam Hias

Mengenal Dekat Ayam White Face ( Badut )

Mengenal Dekat Ayam White Face ( Badut )

INFOAYAM - peduliayam

Tahukah anda bahwa dalam dunia hobi ayam, kita dapat melihat beberapa jenis ayam yang memiliki keunikan tersendirinya. Entah itu ayam hias ataupun ayam laga sekalipun. Untuk jenisnya pun sangatlah bermacam, mulai dari yang eksotis hingga yang biasa saja. Dalam artikel kali ini kita bakal membahas ayam hias yang bernama white face atau muka putih yang biasa dipanggil dengan ayam badut.

Tentunya di Indonesia sendiri anda sudah bisa menemukan jenis ayam ini beberapa breeder. Serta ayam ini diketahui sangatlah aktif sehingga akan memerlukan kandang yang cukup besar. Dalam artkel info ayam hias kali ini kita bakal membahas ayam white face ini gan, jadi jangan beranjak ke artikel lain ya : )

Sejarah Singkat Ayam Hias White Face

Ayam White Face Black Spanish ialah ayam hias asal Spanyol tetapi lebih banyak di kembangbiakkan di Inggris. Seperti jenis ayam Black Sumatra yang punah di negeri sendiri, ayam white face diketahui punah di Spanyol. Mereka juga diketahui jadi salah satu jenis ayam yang lebih tua dari Minorca.

White Face ini mulai dimasukkan ke Standard Kesempurnaan Asosiasi Unggas Amerika pada tahun 1874 ( Standard of Perfection American Poultry Association ). Masyarakat Spanyol membawa ayam ini pertama kali ke daerah Karibia serta menjadi salah satu ras paling tua di Amerika Serikat. Pada saat jaman kolonial, mereka benar-benar terkenal di Selatan.

Mengenal Dekat Ayam White Face ( Badut )

Ciri – Ciri Ayam Hias White Face

Nama ayam white face muncul dikarenakan ayam ini memiliki muka yang putih. Bulu hitam legam mengkilap kehijauan sangat mirip dengan black sumatra. Untuk pejantan, mereka memiliki jengger wilah yang besar serta tegak, sedangkan untuk jengger ayam betinanya tipe wilah lemas menyamping.

Gelambir merah panjang menggelantung dibawah kepala. Penampilannya yang unik lain dari ayam biasa membuat kharisma tertentu hingga banyak kolektor ayam hias yang ingin memilikinya.

Untuk anakan sampai remaja belum demikian kelihatan muka putih keunikan white face chicken, baru pada umur dewasa di atas 1 tahun muka mereka mulai beralih. Makin tua akan kelihatan makin putih eksotis.

Berat ayam jantan rata-rata 2,5-3 kg serta berat ayam betina seputar 2-2,5 kg. Ada varietas bantam yang ada dari tipe ayam ini yang bermakna ukuran kecil dengan berat dibawah 750 gr.

baca juga ayam hias lainnya : Mengenal Ayam hias Modern Game Asal Inggris

Keunikan Dari Ayam Hias White Face Spanish

Warna bulu hitam mulus serta muka putih merupakan salah satu keunikan mereka. Ayam ini dikenal juga jadi ayam muka badut sebab mukanya yang putih seperti badut. White face black spanish salah satu ras Mediterania paling tua yang berasal dari Spanyol. Ayam hias ini dikenal juga sebagai ‘Ayam Badut’, ‘Ayam Fowls of Seville’, serta ‘Ayam Wajahnya Badut’. Ayam ini punya bulu hitam mengkilap serta berkaitan erat dengan ras ayam Kastilia serta Minorca

Ayam White Faced Black Spanish ialah ayam yang anggun serta bergaya. Bulu mereka yang kaya, hitam mengkilap, jengger merah besar, serta muka putih. Telinga memberikan mereka tampilan yang tidak biasa serta menegangkan. White Face Black Spanish dipandang seperti tipe paling tua di kelas unggas serta unggas Mediterania.

Nah itulah beberapa ulasan kita yang mengenai ayam hias muka putih atau white face chicken. Terima kasih.. Semoga anda mendapatkan info yang dicari.

More in Info Ayam Hias

Trending

To Top