Connect with us

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ayam Baru Tetas

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ayam Baru Tetas

Info Ayam

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ayam Baru Tetas

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ayam Baru Tetas

INFOAYAM - peduliayam

Proses seleksi jenis kelamin anak ayam ini pertama kali ditemukan di jepang pada tahun 1933 oleh professor Masui. Tujuan untuk melakukan seleksi jenis kelamin anak ayam ini untuk pastikan tujuan hidup pada anak ayam selanjutnya. Seleksi chick se-xing cukup penting untuk beberapa penghobi ayam hias, ini karena sebagian besar ayam hias yang indah adalah ayam jantan. Sebut saja ayam phoenix, ayam onagadori, Ayam Kukuak Balenggek dan jenis ayam hias lainnya yang banyak diperlihara adalah jantan.

Membedakan jenis kelamin anak ayam usia 1 hari ( DOC ) benar sangat susah. Dengan sedikit ketekunan dan kesabaran cara itu benar gampang serta menarik untuk dilakukan. Berikut langkah dalam membedakan tipe kelamin ayam pada usia 1 hari tersebut.

Manfaat buat kita dalam membedakan jenis kelamin anak ayam jantan serta anak ayam betina ialah seperti berikut :

  • Memberi perlakuan khusus untuk ayam jantan dan betina.
  • Mengelompokkan ayam berdasarkan jenis kelamin.
  • Membuat gagasan menjaga ayam berdasar jenis kelamin.
  • Memilih ayam berdasarkan type kelamin pada usia 1 hari.
  • Untuk mengetahui jenis kelamin anak ayam khususnya yang berusia 1 hari atau doc lebih susah dibandingkan ayam dewasa.

Tahukah anda bahwa terdapat beberapa cara dalam mengetahui jenis kelamin ayam doc tersebut. Dibawah ini adalah beberapa langkah yang bisa anda gunakan.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ayam Baru Tetas

Menggunakan Metode Feather Se-xing

Pada tahun 1969 ditemukan metode baru dalam membedakan jenis kelamin yaitu dengan feather se-xing. Feather sexing adalah menentukan jenis kelamin pada DOC dengan memperhatikan tubuh ayam. Dalam hal ini adalah sayap pada anak ayam yaitu sayap primer dan sayap sekunder. Ayam betina lebih cepat tumbuh dari pada ayam pejantan. Sedangkan untuk calon pejantan biasanya lebih cepat besar. Dengan metode Feather se-xing ini maka penyeleksian anak ayam akan lebih murah, mudah dan akurasi seleksi akan lebih tepat.

Langkah Vent Se-xing Untuk Seleksi

Vent se-xing ialah membedakan jenis kelamin anak ayam berdasar lubang alat kelamin atau cloaca. Berarti kita harus lihat jenis kelamin dari sana. Untuk calon pejantan memiliki benjolan seperti jerawat atau lubang jarum berwarna kuning, putih serta ada yang hitam sedang untuk ayam betina tidak ada. Tetapi buat ayam betina memiliki ovarium yang disebut sel telur yang berupa seperti V. Vent se-xing benar susah dikarenakan memperbedakan benjolan yang benar – benar kecil. Tetapi buat yang sudah memiliki pengalaman karena itu vent se-xing benar mudah.

Sebenarnya benjolan calon pejantan kadang tidak ada serta untuk ayam betina justru senang ada benjolan. Karena itu kenapa peternakan besar yang memiliki se-xer ( petugas seleksi jenis kelamin ) tidak bisa jamin 100% ketepatan seleksi. Cara ini memiliki persentase 90% ketepatnya.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ayam Baru Tetas

Alternatif Lain Dalam Menyeleksi Jenis Kelamin Ayam Baru Tetas

Alternatif lain dalam menyeleksi untuk anak ayam yang masih ragu atas jenis kelamin ayamnya. Alternatif yang terbaik adalah menunggu hingga tumbuh bulu secara penuh. Biasaya ayam yang berwarna mencolok akan menjadi pejantan. Itu sebabnya pejantan mempunyai warna yang beragam dari betina untuk menarik pasangannya.

Dalam memelihara ayam hias juga sama, apalagi bagi anda yang juga sedang ternak ayam hias yang anda miliki. Baik itu ayam kampung, ayam kalkun, ayam kate, dan jenis ayam hias lainnya. Kemampuan membedakan jenis kelamin anak ayam dapat membuat anda mudah dalam menentukan harga jual, sebab anak ayam hias yang banyak dicari adalah anak ayam pejantan.

Demikian artikel peduli ayam kali ini, semoga membantu anda ya!

Continue Reading
Advertisement  http://165.22.58.88/
You may also like...

More in Info Ayam

Trending

To Top