Connect with us

Mengatasi Ayam Bangkok Betina Yang Sulit Bertelur

Mengatasi Ayam Bangkok Betina Yang Sulit Bertelur

Tips Ayam

Mengatasi Ayam Bangkok Betina Yang Sulit Bertelur

Mengatasi Ayam Bangkok Betina Yang Sulit Bertelur

Dalam menternak ayam bangkok, babon atau indukan menjadi salah satu hal yang penting untuk mencapai kesuksesan dalam dunia ternak ayam. Pasti hal yang benar-benar diinginkan beberapa peternak ialah ayam bangkok betina yang benar-benar berkualitas. Indukkan yang berkualitas pasti membuahkan anak ayam Bangkok yang di turunkan beberapa segi yang di turunkan dari pejantan atau betinanya.

Tetapi dalam hal membudidaya / ternak ayam bangkok, sering beberapa peternak memperoleh persoalan seperti induk ayam bangkok yang susah bertelur ataukah tidak produktif. Tentunya ini bisa menyebabkan kerugian, baik kerugian materi atau kerugian non materi.

Indukan ayam bangkok bisa didapati sudah siap kawin waktu usianya seputar tujuh sampai delapan bulan. Tetapi terkadang ada persoalan serius yang dapat menyebabkan indukan ayam jadi tidak produktif, bahkan demikian sulit untuk bertelur atau kerjakan perkawinan tapi tidak sudah sempat menghasilkan.

Dalam permasalahan ini, seharusnya kita ketahui tentang jadi penyebab indukan yang sulit bertelur ini. Pertama, peluang ayam bangkok betina memang benar – benar mandul atau tidak bisa bertelur. Ke-2, indukan ayam bangkok sulit untuk dikawinkan / menampik pejantan.

Beberapa Alasan Ayam Bangkok Betina Sulit Bertelur

Mengatasi Ayam Bangkok Betina Yang Sulit Bertelur

  • Indukan Tidak Senang Pada Pejantan

Untuk masalah ini sebenarnya sangat jarang ditemui karena walau indukan ayam tidak senang pada pejantan, jika pejantannya (jago) agresif, penjantan tentu akan dapat mengawini indukan bangkok tersebut.

  • Ayam Betina Kalah Mental

Masalah kalah mental ini umumnya dihadapi oleh ayam bangkok betina yang baru belajar untuk bertelur. Dalam masalah ini, induk ayam tidak ingin bertelur sebab kalah berkompetisi dengan babon lain ( umumnya babon yang lebih tua ). Indukan ayam bangkok yang lebih tua tentu semakin lebih agresif & mengintimidasi beberapa induk muda. Ini akan mengakibatkan indukan muda jadi susah bertelur sebab kalah mental.

  • Ayam Bangkok Betina Dalam Keadaan Kurang Sehat

Induk ayam yang kurang sehat mungkin saja disebabkan karena kekurangan gizi atau kekurangan vitamin. Indukan ayam bangkok tidak mau bertelur bila ia tidak dalam kondisi yang baik. Mengapa demikian? Setelah kerjakan proses perkawinan serta bertelur, induk ayam bangkok pasti kerjakan proses pengeraman telur. Jika induk ayam bangkok kurang sehat pasti tidak mau untuk bertelur untuk sesaat.

Jadi langkah untuk jaga indukan ayam bangkok agar masih sehat dapat ditangani dengan memberikan vitamin menambahkan serta mencampurkan pakannya dengan sedikit sayur – sayuran seperti kol, sawi, dan sejenisnya. Induk ayam bangkok yang sehat memiliki ciri – ciri : warna kulit mukanya yang merah ( tidak pucat ), lincah dan terlihat riang, sering berkokok & ingin dekati pejantan.

  • Induk Ayam Bangkok Depresi

Indukan ayam bangkok tidak bertelur bila pada keadaan depresi. Ataupun kalau bertelur tentu tidak menetas atau cuma beberapa butir saja. Induk ayam bangkok yang depresi bisa jadi karena disebabkan keadaan kandangnya yang kurang baik, sekitar lingkungan yang ribut atau mungkin saja trauma sebab pernah dikejar hewan yang lain seperti anjing atau hampir ditabrak motor.

Jadi, untuk menangani ini jalan keluarnya ialah mengisolasi indukan lewat cara merubah ke tempat yang lebih tenang dan buat jadi satu dengan pejantan yang siap kawin. Dengan kondisi kandang yang baik gampang – mudahan induk ayam bangkok akan kawin dan bertelur.

Cara termudah mengatasi indukan yang tidak memproduksi telur, yaitu dengan solusinya hanya dengan memisahkan ayam betina muda dengan ayam bangkok indukan yang sudah tua.

Demikianlah tips ayam dalam mengatasi ayam betina yang tidak memproduksi telur. Bagaimana dengan artikel kali ini? apakah membantu ? berikan komentar anda dibawah ini gan.

More in Tips Ayam

Trending

To Top