Connect with us

Langkah Basmi Lalat Pada Kandang Ayam

Langkah Basmi Lalat Pada Kandang Ayam

Tips Ayam

Langkah Basmi Lalat Pada Kandang Ayam

Langkah Basmi Lalat Pada Kandang Ayam

Sehari-hari dalam melakukan perawatan ayam aduan, tentunya kita bakal menemukan dengan beberapa masalah. Diantaranya seperti timbulnya beberapa penyakit yang dipicu oleh serangga seperti lalat. Seperti yang sudah kita ketahui jika lalat adalah serangga yang membawa penyakit untuk manusia, namun bukan hanya manusia saja, tapi hewan hingga unggas juga.

Lalat memiliki tingkat perkembangan yang sangat cepat, cuma dalam beberapa waktu saja lalat bisa berkembang biak serta membuahkan 500 lebih butir telur. Umumnya lalat berada di lingkungan yang tidak bersih serta tempat sampah yang sudah membusuk.

Dalam hal ini para peternak serta penghobi ayam aduan harus mengetahui bagaimana langkah untuk membasmi lalat pada kandang ayam. Dengan begitu, kita bisa menjaga ayam agar tidak terserang berbagai penyakit yang dibawa oleh lalat..

Penyebab Utama Lalat Berkumpul Dalam Kandang Ayam

Langkah Basmi Lalat Pada Kandang Ayam

Hal yang menyebabkan lalat berkumpul didalam kandang ayam patut diperhatikan juga. Serta sangat wajib untuk di hindari oleh anda yang sebagai peternak maupun seorang penghobi ayam adu. Berikut ini kami hadirkan beberapa penyebab yang membuat kandang ayam dipenuhi lalat.

  • Kandang Ayam Dalam Kondisi Tidak Bersih.
  • Feses ayam yang tidak di membersihkan atau menumpuk dalam kandang.
  • Pakan ayam yang basah di suatu kandang.
  • Kandang ayam yang terlalu lembab.
  • Posisi kandang ayam yang minim pencahayaan matahari.
  • Minimnya sirkulasi udara dalam kandang ayam.

Langkah Pencegahan Perkembangan Biak Lalat Dalam Kandang Ayam

Langkah Basmi Lalat Pada Kandang Ayam

Dikarenakan kami peduli ayam, maka itu kami akan memberikan anda beberapa langkah dalam mencegah lalat berkembang dalam kandang ayam anda. Ini juga bertujuan untuk ayam anda terbebas dari berbagai penyakit penyakit yang mengancam ayam kesayangan anda. berikut ini langkahnya.

Upayakan pakan yang berjenis basah tidak tumpah serta semestinya buang pakan ayam pada kandang jika tidak habis.

  • Melakukan pembersihan pada kandang ayam secara berkala.
  • Memilih tempat yang lancar sirkulasi udara dan juga mendapatkan cahaya matahari yang cukup agar kandang tidak terlalu lembab.
  • Semprotkan pestisida pengusir lalat secara teratur.
  • Membersihkan feses ayam dengan segera, atau anda bisa memberikan zeolit pada feses ayam agar cepat mengeras dan mudah di bersihkan.

Langkah Basmi lalat Dalam Kandang Ayam

Langkah Basmi Lalat Pada Kandang Ayam

Sebagai peternak atau penghobi ayam, tentu kita akan memberikan perhatian kepada ayam – ayam kita. Namun tentu anda akan kesulitan menghadapi serangan lalat yang secara tiba – tiba banyak dalam kandang. Bila anda menghadapi serangan tersebut, tentu anda bisa mengambil tindakan tegas yang seperti berikut ini.

Memakai Bahan Alami Untuk Mengusir Lalat

Ada beberapa langkah alami yang bisa dikerjakan dalam mengusir lalat dari kandang ayam. Dengan memakai daun pandan dan bunga lavender dipercaya bisa mengusir lalat dengan meletakan daun pandan atau bunga lavender pada kandang. Tempatkan daun pandan serta bunga lavender di bagian – sisi sudut kandang, wangi dari bunga lavender dan daun pandan bisa memberi aroma yang tidak mengenakkan serta dibenci oleh hama lalat. Sehingga lalat tidak akan lagi hinggap pada kandang ayam anda.

Melakukan Penyemprotan Desinfektan

Memakai Desinfektan sangat ampuh untuk memberantas lalat. Dengan demikian, lalat akan mati hingga kandang ayam aduan akan terlepas dari serbuan lalat. Namun anda harus memakai desinfektan diwaktu ayam sedang keluar dari kandang, ini ditujukan untuk menghindarkan hal yang tidak diinginkan pada ayam – ayam anda.

Menggunakan CD ( kaset dvd atau lainnya )

Anda dapat memakai langkah ini untuk mengusir lalat dalam kandang. Diketahui bahwa lalat sangat peka dengan sinar. Karena itu adanya kaset yang diikat di dalam kandang akan membiaskan pandangan lalat bila terkena sinar dan pada akhirnya lalat akan kabur dengan sendirinya.

Menggunakan Air

Maksud kami dalam menggunakan air adalah air putih yang dimasukan kedalam plastik putih yang kebanyakan diterapkan pada rumah makan. Dengan tujuan utama yang sama dengan penggunaan kaset cd yang membiaskan mata dari lalat. Dengan cara mudah ini anda dapat membuat lalat tidak nyaman sehingga pergi dari kandang ayam.

Memakai Lem Lalat

Ini merupakan cara yang mudah dan simpel, yakni dengan memakai lem lalat. Tetapi semestinya lem lalat dipakai saat lalat banyak dalam kandang serta sudah menggangu kesehatan ayam anda dalam kandang. Karena karakter bau pada lem lalat yang di taruh dalam kandang dapat menggundang lalat yang lain untuk menghinggap dalam kandang. Namun jangan sampai bulu ayam lengket dalam lem tersebut ya gan.. hehe kasihan..

Nah itulah berbagai langkah yang bisa anda gunakan dalam mengusir lalat di dalam kandang ayam anda. bagaimana, apakah artikel peduli ayam membantu anda dalam mengusir lalat? mari berikan komentar anda di bawah ini : )

More in Tips Ayam

Trending

To Top