Connect with us

Suhu Yang Cocok Serta Pas Pada Mesin Tetas Telur

Suhu Yang Cocok Serta Pas Pada Mesin Tetas Telur

Tips Ayam

Suhu Yang Cocok Serta Pas Pada Mesin Tetas Telur

Suhu Yang Cocok Serta Pas Pada Mesin Tetas Telur

Sama dengan keterangan saya awalnya, bila suhu paling tepat untuk mesin tetas telur baik itu manual atau otomatis sekitar 37 sampai 39Cc yang mana suhu di mengatur dari usia telur di input dalam mesin.

Nah, jika anda ingin suhu yang pas serta tepat dalam menetaskan telur ayam. Untuk itu anda dapat memberi atau menggunakan alat berupa sensor panas yang kita gunakan untuk memerhatikan telur dan induk ayam waktu mengeram.

Berikut ini kami hadirkan tabel suhu pengeraman induk ayam sehari – hari nya serta lengkap dengan temperaturnya.

Hari Temperatur (F) Temperatur (C)
1-2 98 36,67
3-4 99 37,22
5-7 100 37,78
8-10 101 38,33
11-16 102 38,89
17-21 103 – 104 39,44-40

Akan lebih bagus, jika saat menggunakan mesin penetas telur, suhu dalam ingkubator stabil. Jika suhu lebih dan kurang seperti tabel di atas, maka bisa menyebabkan kegagalan dalam penetasan. Hal ini juga banyak faktor serta kendalanya.

Selain bisa membuat daya tetas menurun secara signifikan, bahkan tidak sedikit yang mengalami gagal total hampir 100% maka perhatikan suhu yang di butuhkan serta kestabilannya. Jika daerah anda sering mati lampu, maka sediakan juga alan pemanas cadangan, bisa menggunakan sumber bahan bakar lain supaya suhu tetap stabil saat proses penetasan.

Suhu Stabil Dalam Mesin Penetas Telur

Suhu Yang Cocok Serta Pas Pada Mesin Tetas Telur

Banyak botoh ayam pemula yang beranggapan, jika suhu dalam mesin penetas telur di buat seragam, intinya suhu stabil berkisar misal 38c. Bisa cara ini kita lakukan, namun akan menguragi daya tetas telur hingga 15 persen jika tidak menggunakan tabel suhu di atas.

Untuk mendapatkan kualitas doc unggul, maka bisa menggunakan tabel suhu seperti di atas dan selalu rutin untuk melakukan pengecekan supaya suhu tetap terjaga dan stabil sesuai yang telah kita tetapkan.

Lakukan pengecekan suhu rutin setiap 5-7 jam sekali sebab di waktu tersebut, suhu luar ruangan bisa saja mengalami perubahan drastis dan hal ini juga akan berdampak pada suhu dalam mesin, serta cek perubahan suhu ketika akan menjelang malam dan siang hari suhu bisa naik dan turun sampai 3%.

Kebanyakan botoh ayam pemula yang barus menetaskan telur dengan mesin sering mengalami kendala. Bisa saja doc lemas, cacat dan bahkan mati sebelum telur menetas. Jika hal ini terjadi. Maka perhatikan suhu yang di gunakan dalam ingkubator, suhu terlalu panas akan membuat telur mengalami dehidrasi, sehingga dampak negatif yang di hasilkan seperti yang telah di sebutkan di atas.

Demikian juga artikel tips ayam dari peduli ayam. Semoga dapat membantu para penggemar ataupun peternak awam.

More in Tips Ayam

Trending

To Top