Connect with us

Langkah Mengatasi Penyakit Radang Pusar Pada Ayam Aduan

Langkah Mengatasi Penyakit Radang Pusar Pada Ayam Aduan

Penyakit Dan Pengobatan

Langkah Mengatasi Penyakit Radang Pusar Pada Ayam Aduan

Langkah Mengatasi Penyakit Radang Pusar Pada Ayam Aduan

Penyakit ini tentu sangat jarang kita dengar ya gan. Tapi tahukah anda, bahwa penyakit ini bisa menjadi sangat menakutkan untuk anda yang sebagai peternak ayam jenis apapun itu. Mari mengenali penyakit ini lebih lanjut gan.

Penyakit ini disebut juga dengan omphalitis. Biasanya menyerang anak ayam yang baru menetas sampai dua minggu. Infeksi pertama ada saat anak ayam memiliki cadangan makanan berbentuk kuning telur ( yolk ) di perutnya. Tanda-tanda klinis anak ayam yang terkena penyakit ini tidak terlihat, bahkan juga sampai beberapa saat mendekati kematiannya.

Gejala Awal Penyakit Radang Pusar Pada Ayam Aduan

Langkah Mengatasi Penyakit Radang Pusar Pada Ayam Aduan

Tanda-tanda atau gejala pada umumnya didapati ialah anak ayam kelihatan lemah, kepalanya menunduk, serta bergerombol di seputar lampu pemanas. Tetapi jika dilihat dengan cermat, perut anak ayam terlihat buncit, pusar abuh kemerahan, serta basah.

Terdapatnya penumpukan cairan pada pusar itu membuat cadangan makanan yang masih ada pada tubuh tidak habis terserap.

Kuning telur itu yang pada akhirnya membusuk sebab diuraikan oleh bakteri jadi sumber makanan serta dijadikan tempat untuk berkembang biak. Proses penguraian tersebut yang dapat memunculkan toksin hingga anak ayam alami peradangan. Bila dibiarkan, peradangan akan menyebar serta mengakibatkan kerusakan selaput rongga perut serta organ lain di sekelilingnya. Karena yang lebih fatal, selang beberapa saat ayam akan mati.

Langkah Mengatasi Penyakit Radang Pusar Pada Ayam Aduan

Pemicu Terjadinya Radang Pusar Pada Ayam Aduan

 

Pemicu penyakit ini ialah bakteri Bacillus cereus, Stapylococcus aureus, Clostridium welchii serta Clostridium sporogenes. Yang cukup melegakan, penyakit ini tidak menyebar, hehe itu saja. Penyakit radang pusar ayam ada sebab kekeliruan tata seperti penetasan serta perawatan sesudah anak ayam keluar dari tempat penetasan ( mesin tetas ). Faktor-faktor yang dapat mengundang timbulnya penyakit radang pusar seperti berikut.

  1. Telur yang akan ditetaskan dalam keadaan retak.
  2. Sanitasi atau kebersihan mesin tetas yang kurang terbangun.
  3. Penataan suhu serta kelembaban mesin tetas kurang tepat.

Langkah Mencegah Penyakit Radang Pusar Pada Ayam

Langkah mencegah yang dapat diaplikasikan, salah satunya anak ayam yang baru turun dari mesin tetas jangan langsung dikasih makan, cukup dikasih air minum serta penambahan mineral dan vitamin. Maksudnya supaya penyerapan cadangan makanan dalam kantung perut anak ayam berjalan bertambah cepat. Kehangatan boks pembesaran butuh ditata sesuai keperluan anak ayam. Langkah lain yang tidak kalah penting ialah jaga kebersihan kandang.

Nah inilah akhir dari artikel penyakit dan pengobatan dari peduliayam.id.. Bagaimana dengan artikel kali ini.. Cukup membantukah gan ? berikan komentar anda dibawah ini..

Continue Reading
Advertisement  http://165.22.58.88/
You may also like...

More in Penyakit Dan Pengobatan

Trending

To Top