Connect with us

Tips Mengatasi Mata Berair Dan Berbusa Pada Ayam Bangkok

Penyakit Dan Pengobatan

Tips Mengatasi Mata Berair Dan Berbusa Pada Ayam Bangkok

Tips Mengatasi Mata Berair Dan Berbusa Pada Ayam Bangkok

Satu diantara penyakit ayam bangkok yang seringkali kita temui ialah mata berair serta berbusa yang bisa turunkan kesehatan ayam kesayangan anda. Penyakit ayam ini dapat memegaruhi gerakan ayam yang disebabkan terganggunya pandangan mata ayam bangkok sewaktu melakoni sebuah pertarungan.

Tetapi semakin akan lebih mengkhawatirkan lagi bila penyakit ini sudah kronis yang bisa menjadi fatal untuk ayam bangkok itu. Jadi kita sebagai pemilik ayam harus mengetahui bagaimanakah cara dalam mengatasi penyakit mata ayam berair serta berbusa ini.

Mengenali Penyebab Mata Ayam Bangkok Berair Serta Berbusa

Penyebab dari mata ayam bangkok mengeluarkan air serta berbusa terdapat beberapa faktornya. Salah satunya adalah terkena serangan jalu lawan sewaktu bertarung dalam gelanggang. Namun bukan hanya faktor tersebut saja, bisa saja terjadi infeksi bakteri yang terdapat pada kandang ayam yang kurang terawat.

Mengatasi Mata Ayam Bangkok Berair Dan Berbusa

Tips Mengatasi Mata Berair Dan Berbusa Pada Ayam Bangkok

Terdapat 2 macam pengobatan yang bisa anda pilih untuk mengobati ayam aduan anda. Apa saja opsi dari pengobatan tersebut? mari di ikuti terus artikel peduliayam.id!

Mengobati Mata Ayam Bangkok Dengan Cara Alami

Untuk langkah pengobatan yang pertama, yakni menggunakan bahan alami atau obat tradisional yakni bahan yang kita gunakan ini adalah bahan yang mudah dicari. Bahan alami yang pertama untuk mengobati penyakit ini adalah daun kelor.

Langkah mengobati menggunakan daun kelor ini yakni dengan mengambil tangkai daun kelor dan teteskan getahnya pada mata ayam kita. Teteskan 1 atau 2 tetes getah serta mata ayam dibalut menggunakan plaster hansaplast. Lakukan penyembuhan sekali sehari sampai mata ayam kembali fresh.

Bahan alami yang ke-2 anda dapat menggunakan getah dari umbi rambat. Langkah pengobatannya sama dengan menggunakan getah daun kelor. Tapi sebelum meneteskan getah ini, seharusnya mata ayam dibersikan menggunakan kain basah agar debu dan kotoran tidak menempel waktu dikasih getah itu.

Mengobati Mata Ayam Bangkok Menggunakan Obat Pabrikan

Obat pabrikan yang kami maksud adalah obat yang terjual bebas di apotik, untuk menyembuhkan mata ayam ini anda dapat membeli obat mata tetes seperti insto, rohto dan lain-lain. Langkahnya dengan meneteskan obat mata sebanyak 2 hingga 3 tetes pada mata ayam yang sakit. Berikan obat ini pada setiap pagi hari dan sore hari sampai mata ayam kembali bening atau fresh.

Nah, bila penyakitnya sudah akut, anda bisa memakai obat mata spesial ayam yaitu Eye Chick. Cara penggunaannya bisa ikuti ketentuan gunakan yang tercantum dikemasan obat tersebut. Sepanjang pengobatan ini semestinya ayam dipisah dengan ayam yang lain supaya ayam tidak terlalu aktif serta penyakit mata tersebut tidak menyebar ke ayam lainnya.

More in Penyakit Dan Pengobatan

Trending

To Top